Haloo sahabat hawa!!

Kamu sering galau karena berat badan naik saat menstruasi? Suka bingung apa penyebabnya kenapa berat badan naik? Disini akan kami kupas apa penyebabnya dan cara mengatasinya.

Supaya-Berat-Badan-Tidak-Naik-Menjelang-Haid-Ini-Tipsnya-1

Apa Penyebab Bertambahnya Berat Badan Saat Menstruasi?

Yang pertama karena nafsu makan, setiap orang memiliki nafsu makan masing-masing. Keinginan makan akan semakin meningkat saat terjadi perubahan hormonal, misalnya saat wanita sedang menstruasi.
Wanita cenderung mengalami penurunan tingkat gula darah, yang membuat tubuhnya merespon secara otomatis dengan menciptakan rasa lapar atau mengidam untuk makanan tertentu yang dapat mengkompensasi rendahnya tingkat gula darah dalam tubuh.

Yang kedua disebabkan karena retensi air, beberapa wanita memperhatikan bahwa pada akhir minggu menstruasinya, angka di timbangan naik beberapa kilo. Banyak dari berat badan yang naik bukanlah lemak, melainkan air.
Seringkali, ketika hormon yang tidak menentu dan tidak normal, pembengkakan terjadi. Akibatnya, tubuh wanita menyimpan air lebih banyak di bagian-bagian tertentu dari tubuhnya seperti kaki, lengan dan perut. Beberapa wanita juga mengalami pembengkakan di payudara, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan fisik.

Tapi tenang, bertambahnya berat badan ini seringkali hanya sementara. Terkadang hormon estrogen atau hormon stres kortisol juga dapat menyebabkan garam dan air ditahan di dalam tubuh sehingga tubuh kamu semakin berat.

makan-sehat-berat-badan-naik

Bagaimana Cara Mencegahnya?

Yogurt atau Kefir : Bakteri baik akan membantu pencernaan lancar dan mencegah kembung, sembelit atau diare.

Bayam : Makanlah makanan tinggi magnesium seperti bayam, karena bisa membantu meregangkan otot tegang dan meredakan kram otot selama menstruasi.

Dark Chocolate : Makanan enak ini juga tinggi magnesium dengan jumlah 176 gr per 100 gr-nya. Bukan hanya bisa membuat otot relax, tapi juga membantu membuat suasana hatimu tetap bahagia.

Jadi jangan kaget dan galau ataupun stres ketika kamu menimbang berat badan saat menstruasi dan mengetahui berat badanmu jadi naik 2 – 3 Kg, karena itu efek hormonal. Tapi kamu tetap bisa mengatasinya kok girls. Tidak hanya dengan makanan sehat tapi kamu juga harus fitness. Buat kamu yang sudah rajin fitness pasti tidak akan merasakan berat badan naik, tapi buat kamu yang malas untuk bergerak fitness akan merasakan banget naiknya berat badan.