Ada berbagai macam penyebab tubuh mengalami kenaikan berat badan. Umumnya, kenaikan berat badan bisa terjadi karena pola konsumsi makanan didominasi oleh karbohidrat dan lemak. Pada berat badan yang berlebih atau obesitas sangat tidak baik untuk kesehatan karena berpotensi mencetuskan penyakit seperti jantung, diabetes, hipertensi, kanker, dan radang sendi.

Maka tak heran banyak orang yang mencari cara untuk menurunkan berat badan. Namun tidak ada cara ajaib untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi, ada beberapa makanan yang bisa dipasangkan dengan olahraga rutin untuk membantu menurunkan berat badan.

Makanan ini ampuh turunkan berat badan lho:

Gandum

Pada proses menurunkan berat badan, bukan berarti kamu tak boleh mengonsumsi karbohidrat. Selama yang dipilih adalah jenis yang tepat, karbohidrat sebenarnya sangatlah baik. Bahkan karbohidrat merupakan salah satu sumber makanan pembakar lemak yang harus dikonsumsi.

Hal ini guna mencukupi kebutuhan serat. Ya, kamu bisa memilih gandum utuh sebagai sumber karbohidrat, yang bisa membuat kamu kenyang lebih lama dan menghentikan kamu dari makan berlebihan.

Telur

Protein juga membantu dalam proses menurunkan berat badan dengan berbagai cara. Pertama, tubuh menggunakan lebih banyak energi untuk memecah makanan protein daripada untuk memecah makanan lain.

Ya, protein merupakan kandungan yang sangat dibutuhkan untuk membantu pembakaran lemak. Protein juga membantu kamu untuk mempertahankan massa otot saat kamu menurunkan berat badan dan karena otot membakar lebih banyak kalori daripada lemak.

Susu, Yogurt, dan Keju

Pada sebuah penelitian mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi susu paling banyak akan mengalami penurunan massa lemak sebanyak 1,6 pon lebih besar daripada mereka yang tidak mengonsumsi susu.

Hal ini dikarenakan adanya kalsium dalam susu yang mampu menurunkan kadar vitamin yang mendorong sel-sel lemak untuk tumbuh, sehingga lebih mudah untuk menurunkan berat badan.

Rumput Laut

Bahan makanan yang ampuh membantu pembakaran lemak selanjutnya adalah yodium. Kandungan ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi rumput laut. Ya, rumput laut dikenal memiliki kandungan rendah kalori, kaya akan yodium, serta mineral yang bisa membantu mengatur fungsi kelenjar tiroid.

Nah, salah satu fungsi tiroid ini adalah untuk mengatur metabolisme tubuh, Inilah sebabnya mengapa seseorang yang tiroidnya tidak menghasilkan cukup hormon mungkin berjuang dengan berat badan berlebih.

Penelitian menunjukkan bahwa makan rumput laut dapat membantu mengurangi lemak, terutama di bagian tengah tubuh. Varietas cokelat dari rumput laut mengandung senyawa yang disebut fucoxanthin yang dapat sangat membantu untuk menurunkan berat badan. Kandungan tersebut meningkatkan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh.