Anda pasti pernah mendengar yang namanya olahraga zumba. Zumba merupakan olahraga yang dikembangkan oleh Jun Ko agus di Indonesia. Olahraga ini awalnya berasa dari amerika. Mulai terkenal sekitar tahun 2003 dan masuk ke Indonesia pada tahun 2012. Olahraga ini terdiri dari 70% gerakan dansa dan 30% gerakan fitness. Jadi buat anda yang bosen dengan gerakan fitness yang itu-itu saja, bisa mencoba olahraga ini karena lebih banyak gerakan tarinya. Melakukan olahraga zumba selama 1 jam dapat membakar 600-1000 kalori. Ada 6 jenis zumba yaotu fitness, zumbatomik, aqua, sentao, toning dan gold. Semua jenis tersebut bisa digunakan oleh semua golongan. Inillah manfaat olahraga zumba untuk kesehatan yang harus anda ketahui.

Anti stress

Salah satu manfaat olahraga zuma adalah sebagai obat anti strees. Hal ini dikarenakan orang-orang yang sudah melakukan olahraga zumba pasti akan merasa senang. Sebagian besar gerakan zumba adalah tarian dengan menggunakan lagu yang menyenangkan. Tubuh akan ikut bergerak dan bergoyang, jadi tidak akan merasa capek. Gerakan-gerakan zumba semuanya menyenangkan dan tidak membosankan, jadi tidak akan membuat anda merasa bosan seperti melakukan gerakan fitness. Apalagi jika olahraga zumba dilakukan di luar ruangan yang sejuk dan segar. Pasti akan membuat stress anda hilang begitu saja.

Program Diet

Buat anda yang ingin menurunkan berat badan, cobalah untuk melakukan olahraga zumba. Manfaat olahraga zumba yang satu ini memang menjadi alasan utama orang-orang melakukan olahraga zumba. Ketika melakukan olahraga zumba, semua tubuh kita ikut bergerak. Jadi semua kalori akan terbakar dan lemak didalam tubuh menghilang. Jika anda mengikuti latihan zumba secara rutin, hanya dalam beberapa minggu saja sudah bisa menurunkan berat badan anda. olahraga zumba memang lebih efektif membakar lemak dibandingkan olahraga lainnya. Hampir semua lemak di tubuh anda akan hilang. Di bagian paha, prut, lengan akan hilang dan semakin kencang. Jadi manfaat zumba untuk program diet memang sangat efektif.

Membuat Paru-Paru Dan Jantung Lebih Sehat

Manfaat olahraga zumba selanjutnya adalah membuat paru-paru dan jantung lebih sehat. Zumba merupakan salah satu jenis olahraga cardio. Jadi bisa membuat kerja jantung dan paru-paru lebih baik. Ketika melakukan olahraga zumba, anda harus bisa mengatur pernapasan dengan baik. Secara perlahan akan membantu memperbaiki kerja paru-paru anda. olahraga zumba akan membuat aliran darah semakin lancar. Sehingga kerja jantung juga akan semakin baik. Semakin lama anda latihan zumba, akan semakin baik pula kerja jantung dan paru-paru anda.

Otot Menjadi Lebih Kencang

Melakukan olahraga zumba tidak hanya membuat kalori anda terbakar, tetapi juga bisa membuat otot lebih kencang. Manfaat olahraga zumba yang satu ini memang akan membuat otot di tubuh anda lebih kencang. Lebih kencang bukan berarti otot menjadi kekar seperti otot laki-laki. Tetapi lebih membuat bagian tubuh yang kuat dan kencang. Pada saat melakukan gerakan zumba, semua tubuh akan bergerak. Banyak gerakan-gerakan zumba yang akan membantu otot-otot semakin kencang.

Itulah beberapa manfaat olahraga zumba yang harus anda ketahui. Sebenarnya masih banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan. Seperti tidur lebih pulas, mood menjadi lebih baik, membuat awet mudah dan masih banyak lainnya. Jika anda bosan dengan olahraga yang itu-itu saja. Cobalah olahraga zumba yang menyenangkan dan membuat tubuh menjadi lebih langsing. Demikian sedikit informasi yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.