Warming Up atau yang dalam Bahasa Indonesia  berarti pemanasan adalah sebuah bagian dari rangkaian olahraga yang bertujuan untuk mempersiapkan tubuh sebelum melakukan olahraga inti atau aktivitas fisik lainnya. Umumnya warming up dilakukan dengan kardio ringan dan bisa juga dikombinasikan dengan peregangan statis atau dinamis. Warming up cukup dilakukan selama 10 hingga 15 menit. Karena durasinya yang singkat, orang-orang cenderung malas nih melakukan warming up. Padahal warming up punya beberapa manfaat lho!

  • Mencegah cedera otot

Gerakan warming up dapat membuat otot menjadi tolerable atau lebih lentur dan tidak kaku. Hal ini sangat bermanfaat ketik Sahabat Hawamelakukan gerakan-gerakan ekstrem seperti mengangkat beban berat atau melakukan tendangan tinggi. Karena otot sudah lentur, Sahabat Hawa akan terhindar dari resiko kram, cedera atau bahkan yang lebih parah otot sobek.

  • Melancarkan peredaran darah

Ketika melakukan warming up, suhu tubuh mengalami peningkatan dan aliran darah menuju ke otot pun juga meningkat. Dengan demikian, oksigen pun dapat tersebar dengan baik ke seluruh tubuh.

  • Menjaga kesehatan tulang dan persendian

Selain mencegah cedera otot, warming up juga dapat menjaga kesehatan tulang dan sendi lho. Saat melakukan gerakan warming up, tubuh akan menghasilkan cairan yang dapat membantu melumasi persendian sehingga menjadi licin dan fleksibel. 

  • Mengurangi asam laktat dalam tubuh

Olahraga dapat meningkatkan kadar asam laktat yang kemudian akan menumpuk pada darah dan otot. Walaupun tidak berbahaya bagi kesehatan, asam laktat yang tinggi dapat menyebabkan tubuh menjadi nyeri dan tidak nyaman. Melakukan warming up dan cooling down merupakan salah satu cara untuk mengurangi kadar asam laktat dalam tubuh.

  • Meningkatkan fokus dan kondisi mental

Warming up dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks dan tenang. Kondisi inipun dapat meningkatkan dan menjaga fokus dan mental kamu sehingga olahraga pun bisa dilakukan dengan maksimal.

Nah, itu dia manfaat-manfaat dari warming up untuk tubuh kita. Sahabat Hawa jangan lupa warming up dulu ya sebelum mulai berolahraga! Ada beberapa gerakan warming up nih yang bisa Sahabat Hawa lakukan, antara lain: memutar kepala, memutar bahu, memutar lengan, memutar pinggang, memutar lutut, merengangkan pergelangan paha, menekuk pergelangan kaki, menekuk pergelangan tangan, meluruskan kaki, dan menekuk tubuh ke depan.