Halo sahabat hawa! Pernah ngerasa lapar nggak? Pernah dong pastinya. Rasa lapar secara umum adalah sebuah sensasi normal yang diberikan oleh otak sebagai signal bahwa perut sudah dalam keadaan kosong. Seringnya, rasa lapar ditandai dengan suara perut keroncongan, pusing atau bahkan jadi merasa mudah kesal. Eh tapi, ternyata lapar ada beberapa jenisnya nih sahabat hawa! Mungkin beberapa sudah sering kamu dengar atau malah sering kamu alamin nih, yuk lanjut ke penjelasannya!

  • Lapar Mata

Mungkin jenis yang ini sudah ngga asing lagi ya? Yup, lapar mata adalah jenis lapar yang berkaitan dengan visual makanan nih. Biasanya, orang-orang yang lagi lapar mata akan mudah sekali tergiur dengan visual makanan yang cantik dan menggugah selera. Hati-hati nih Sahabat Hawa, sebetulnya kita nggak benar-benar lapar nih saat lapar mata.

  • Lapar Hidung

Nah, kalau jenis lapar yang satu ini berkaitan dengan indra penciuman kita nih. Yang awalnya nggak lapar ataupun kepikiran makanan, tiba-tiba mencium bau rendang dari ruangan sebelah jadi lapar pingin makan rendang hihi.

  • Lapar Telinga

Siapa yang suka nonton acara mukbang? Rasanya menyenangkan banget terutama waktu dengerin ASMR si youtuber kan? Terus tiba-tiba jadi kepingin juga nih makan makanan yang sama. Nah ini yang disebut dengan lapar telinga, perasaan lapar yang muncul akibat mendengar suara yang dihasilkan suatu makanan.

  • Lapar Mulut

Suka tiba-tiba kepingin ngunyah makanan garing? Atau pingin ngerasain yang manis-manis? Wah, jangan-jangan kamu sedang lapar mulut nih. Jenis lapar ini terjadi karena mulut menginginkan sensasi tertentu dari suatu rasa atau tekstur makanan.

  • Lapar Perut

Nah, kalau lapar perut atau lapar yang sesungguhnya baru deh lapar yang memang terjadi karena perut kita kosong. Ketika gula darah kita rendah dan perut serta usus kita kosong, kondisi ini akan menjadi signal ke otak bahwa fisik kita lapar. Tanda-tanda lapar yang sesungguhnya pada tiap orang berbeda-beda. Ada yang merasa lemas, pusing, sakit kepala, perut keroncongan, gemetar, cemas, mudah kesal, bahkan jadi lebih sering berpikir tentang makanan juga salah satu tandanya lho!

  • Lapar Karena Emosi

Lagi galau tuh rasanya jadi kepingin yang manis-manis, siapa nih yang kayak gini? Ini namanya lapar karena emosi ya Sahabat Hawa. Orang-orang lapar karena emosi biasanya menggunakan makanan sebagai alat untuk meredakan atau mengekspresikan emosi yang mereka alami. Entah lagi sedih, marah, galau, stress, larinya jadi ke makanan.

  • Lapar Karena Bosan

Hayo, siapa yang biasanya ngga lagi lapar tapi karena bosan jadi buka kulkas terus nyomot kue? Hihi, kalian lagi lapar karena bosan tuh. Ketika bosan, orang tentu saja berusaha melakukan sesuatu agar kebosanannya hilang, nah salah satunya dengan makan. Jadi, kamu sebenarnya nggak lapar tapi cuma bosan!