Siapa yang suka insomnia atau susah tidur? Wah, padahal tidur itu sangat penting lho Sahabat Hawa! Saat tidur, tubuh mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Selain itu, tidur yang cukup dan berkualitas juga dapat menjaga berat badan kita lho. Maka dari itu, penting untuk menjaga kualitas tidur dan memastikan kita sudah cukup tidur. Susah tidur jika tidak diatasi bisa menjadi kebiasaan lho Sahabat Hawa, jadi perlu cepat-cepat diatasi nih. Salah satu caranya adalah dengan melakukan yoga. Ketika melakukan yoga, tubuh kita akan dibawa ke dalam kondisi rileks. Dengan demikian, kualitas tidur kita pun meningkat. Gerakan yang dilakukan pun mudah untuk diikuti nih.

  • Savasana

Poseini mudah banget buat dilakuin loh. Cukup berbaring di tempat tidur atau di matras, buka kaki dengan santai selebar pinggul. Diikuti dengan kedua tangan dibuka, telapak tangan menghadap ke atas. Pejamkan mata kemudian fokus pada pernafasan. Lakukan selama beberapa saat atau 10-15 kali tarikan nafas.

  • Balasana

Pose yang juga disebut dengan Child Pose ini cukup mudah dilakukan. Pertama, posisikan tubuh dalam posisi bersimpuh. Lutut dibuka, kemudian jatuhkan badan ke arah matras. Kedua tangan diluruskan ke depan, di atas kepala. Mulai atur nafas dan pertahankan pose ini selama satu menit.

  • Viparita Karani

Untuk pose ini, kita perlu mencari dinding nih. Caranya mudah, baringkan diri di matras kemudian naikkan kedua kaki hingga sejajar dengan tembok. Pastikan pantat menempel pada tembok dan kedua kaki dalam posisi lurus, jadi terbentuk sudut 90 derajat. Letakkan tangan pada sisi tubuh dan pejamkan mata. Atur pernfasan dan lakukan selama 1 hingga 5 menit.

  • Ananda Balasana

Atau sebutan lainnya adalah Happy Baby Pose ini pun mudah dilakukan nih. Pertama, baringkan tubuh di matras. Tarik lutut ke arah dada, kemudian pegang kedua telapak kaki. Lalu buka lutut lebih lebar daripada tubuh dan luruskan kaki. Tarik telapak kaki ke bawah hingga terasa ada tekanan. Mulailah atur pernafasan dan tahan posisi tersebut selama 1 menit.

  • Paschimottanasana

Nah, kalau gerakan ini pasti sudah ngga asing lagi buat sahabat hawa deh. Betul, gerakan ini yang biasanya kita sebut gerakan cium lutut hihi. Gerakannya mudah, cukup duduk tegak dengan kaki diluruskan ke depan. Kemudian, angkat kedua lengan ke atas dan bungkukkan badan ke arah lutut. Pastikan jari-jari kaki tertekuk ke arah tubuh ya. Tahan posisi tersebut dan mulai atur pernafasan selama

  • Baddha Konasana

Pose yang bernama lain Butterfly Pose ini juga mudah untuk dilakukan lho. Mulailah dengan posisi duduk tegak, kemudian tekuk lutut melebar menuju kedua sisi. Rapatkan kedua telapak kaki dan tahan dengan kedua tangan. Perlahan jatuhkan tubuh ke depan menuju kaki. Tahan pose ini selama 1 hingga 5 menit.

  • Supta Jathara Parivartanasana

Pose ini disebut juga dengan Belly Twist. Cara melakukannya pun mudah, cukup rebahkan tubuh di matras. Kemudian, luruskan kedua tangan ke samping dan tekuk lutut ke arah dada. Perlahan jatuhkan kedua lutut ke sisi kanan, lalu leher dihadapkan ke kiri. Tahan selama 6 samapi 10 tarikan nafas, kemudian lakukan pada sisi kiri.