Tiap orang memiliki tujuan berbeda saat mulai melakukan olahraga. Namun, yang pasti ketika memutuskan untuk berolahraga rutin, kamu sudah memutuskan untuk hidup lebih sehat! Salah satu tujuan lain yang ingin dicapai dari berolahraga adalah menurunkan berat badan. Saat kita berolahraga, tubuh mengalami pembakaran kalori yang mana akan membantu menurunan berat badan. Maka dari itu banyak orang mulai melakukan olahraga nih, tapi tau nggak sih? Ada lho beberapa olahraga yang ternyata banyak membakar kalori! Mau tau? Cek sampe bawah yaa!

  • Berlari

Olahraga lari merupakan jenis olahraga yang mudah dan murah serta dapat dilakukan oleh semua orang. Berlari juga terkenal bisa membantu dalam penurunan berat badan lho Sahabat Hawa. Dalam satu jam dengan kecepatan 5 km/jam, kita bisa membakar hingga 748 kalori hanya dengan berlari saja. Olahraga lari paling enak dilakukan saat pagi atau sore hari nih. Saat matahari sedang nggak terlalu terik, jadi ngga kepanasan deh. Tapi ingat juga kasih jeda istirahat saat berlari ya, jangan diforsir terus nanti malah jadi pingsan.

  • Bersepeda

Nah, bersepeda juga termasuk ke dalam olahraga yang banyak membakar kalori nih. Dalam satu jam bersepeda, tubuh kita bisa membakar sekitar 850 hingga 1000 kalori lho. Wah, angka yang fantastis juga ya! Apalagi jika rute yang kamu ambil cukup menantang, kalori yang dibakar pun jadi makin banyak. Olahraga bersepeda juga mudah dilakukan dan asik banget jika dilakukan bareng teman-teman. Tapi, ingat tetap jaga jarak dan jangan berkerumun ya! Masih pandemi nih.

  • Lompat Tali

Wahh siapa nih yang hobi main lompat tali? Kamu beruntung! Olahraga ompat tali ini juga termasuk ke dalam olahraga yang dapat membakar banyak kalori lho. Jika melakukan lompat tali selama satu jam, kalori yang terbakar bisa mencapai 750 hingga 850 kalori! Wow, lumayan juga ya olahraga yang mengingatkan kita pada masa kanak-kanak ini.

  • Berenang

Hey, berenang ternyata juga termasuk ke dalam olahraga yang banyak membakar kalori lho. Hal ini karena saat berenang, seluruh anggota tubuh mulai dari kaki, tangan, pundak, sampai punggung aktif bergerak. Dalam satu jam, berenang dapat membakar kalori kita sebanyak 720 hingga 840 kalori. Tambahan lagi, kalau berenang sudah dipastikan kita ngga akan bau keringat. Kan olahraganya di dalam air, hihi.

  • High Intensity Interval Training

Olahraga yang kerap disingkat menjadi HIIT ini juga banyak membakar kalori nih. Olahraga HIIT merupakan jenis olahraga kardio yang memadukan intensitas sedang dan tinggi dalam waktu yang telah ditentukan. Olahraga ini efektif dan efisien untuk pembakaran lemak, jadi cocok deh untuk Sahabat Hawa yang sedang mengikuti program penurunan berat badan. Dalam satu jam, kalori yang dibakar berkisar antara 500 hingga 1000 kalori. Ada informasi menarik lainnya nih, ternyata walaupun sudah selesai melakukan HIIT, pembakaran lemak juga bisa tetap berlanjut. Wah, keren juga ya!

  • Pilates

Olahraga ini mungkin masih terdengar asing di sebagian orang tapi ternyata pilates masuk ke dalam kategori olahraga yang banyak membakar kalori. Pilates ini merupakan olahraga yang berkembang dari gerakan yoga yang fokus pada pelatihan kekuatan otot. Dalam satu jamnya, pilates dapat membakar kalori sebanyak 350 hingga 450 kalori nih. Lumayan juga ya!

  • Kick Boxing

Olahraga Kick Boxing belakangan memang lagi booming nih, terutama di kalangan selebriti. Olahraga ini juga terkenal karena termasuk ke dalam seni bela diri juga. Dengan Kick Boxing, kita dapat melindungi diri dari kejahatan yang mungkin saja menimpa kita. DIbalik itu, olahraga Kick Boxing juga banyak membakar kalori nih. Dalam satu jam latihan, kalori yang dibakar bisa mencapai 582 hingga 864 kalori. Wah paket komplit ya, membakar lemak dapat, melindungi diri juga siap!