Hola Sahabat Hawa! Siapa nih yang lagi ngikutin program penurunan berat badan? Wahh, semangat yaa! Selain rajin olahraga, Sahabat Hawa juga harus menjaga pola makan nih. Biar makin komplit programnya. Eh tapi, susah ngga sih ngatur pola makannya? Selama ini makanan-makanan yang rendah kalori selalu makanan-makanan luar yang susah didapat atau kadang ngga cocok dengan lidah kita sebagai orang Indonesia. Hal ini bisa bikin semangat rada luntur untuk atur pola makan, padahal atur pola makan itu pengaruhnya besar terhadap berat badan lho! Eits tenang, ternyata ada lho beberapa makanan khas Indonesia yang kalorinya rendah dan cocok buat diet. Apa saja?

  • Bakso

Wah, siapa yang matanya langsung berbinar melihat bakso termasuk makanan rendah kalori? Hihi sama yah. Bakso memang memiliki kalori yang rendah jika tidak dimakan bersamaan dengan pendamping lainnya. Misalnya bakwan, bihun, pangsit, kerupuk, dan masih banyak lainnya. Selain itu, ingat juga nih bakso yang dikonsumsi itu yang homemade. Jangan yang instant, karena cenderung ada tambahan bahan kimianya.

  • Sate

Wahh, sate juga termasuk nih! Sebenarnya, cara pengolahan sate pun juga sudah termasuk sehat lho karena dibakar jadi tidak menggunakan minyak. Tapi, yang perlu diperhatikan adalah si bumbu kacangnya. Bumbu kacang dari sate itu mengandung karbohidrat dari kacang, lemak dari minyak, kemudian ada campuran gula, sodium, dan lainnya. Nah, konsumsi bumbu kacang ini yang perlu dikontrol. Sahabat Hawa bisa loh, minta bumbunya untuk dipisah saja!

  • Tumisan

Salah satu makanan yang gampang dibuat dan menggunakan sedikit minyak adalah tumisan! Keuntungan asik lainnya, Sahabat Hawa bisa padu padankan isi tumisannya. Mau campur sayur dengan daging bisa, daging aja bisa, apalagi sayur aja. Mudah dan menyenangkan deh sama tumisan ini! Minyaknya juga bisa diganti dengan olive oil atau canola oil biar jadi lebih sehat.

  • Sup

Menu ini juga ngga kalah sehat nih Sahabat Hawa. Kalori dalam satu porsi sup sayur hanya 72 kalori. Wahh cukup rendah kan? Bisa jadi salah satu pilihan nih. Pengolahannya juga hanya menggunakan sedikit minyak, jadi asupan lemak bisa diminimalisir nih. Soal isiannya apalagi, bisa dicampur antara sayur dan daging juga. Eits, tapi tetap perhatikan juga penggunaan MSG dan gulanya yaa!

  • Pepes

Makanan khas Indonesia ini juga termasuk salah satu yang rendah kalorinya lho. Pengolahannya juga cukup sehat, yakni bisa dibakar ataupun dikukus. Menunya juga bisa macam-macam. Sahabat Hawa bisa bikin pepes tahu, pepes ayam, bahkan pepes ikan. Wuih jadi lapar ya?

  • Urap

Urap adalah makanan khas Indonesia yang isinya berbagai macam sayur mayur yang kemudian dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu rempah. Umumnya menggunakan sayur bayam, kangkung, daun singkong, dan daun pepaya muda. Dalam satu porsinya, yakni sekitar 100 gram urap mengandung 112 kalori. Cukup rendah bukan?

  • Plecing Kangkung

Makanan khas yang umum ditemui di Lombok dan Bali ini juga memiliki kalori yang rendah lho. Dalam satu porsinya, yakni sekitar 200 gram kalori yang terkandung hanya 160 kalori. Pengolahannya juga cukup sehat nih Sahabat Hawa. Sayur kangkung cukup direbus saja, kemudian dicampurkan dengan sambal khasnya. Uuh rasanya jadi lapar deh!

  • Sayur Asem

Siapa sih yang ngga kenal sama sayur asem? Yup, beruntung sekali nih sayur ini juga termasuk rendah kalori. Dalam satu mangkuk saja, kalori yang dikandung hanya 80 kalori. Wahh rendah banget yaa, aman nih buat diet kita. Tapi tetap jangan berlebihan konsumsinya yaa!

  • Karedok

Makanan khas Sunda, Jawa Barat ini juga memiliki kalori yang rendah nih Sahabat Hawa. Satu porsinya hanya mengandung 169 kalori, cukup rendah bukan? Karedok ini terbuat dari sayuran mentah seperti tauge, kacang panjang, timun, kol, daun kemangi, dan juga terong. Campuran sayur ini kemudian diberi siraman saus kacang yang rasanya gurih dan manis.

  • Gado-gado

Siapa lagi nih yang belum tau gado-gado? Makanan ini juga terkenal sehat lho. Gado-gado adalah makanan khas Indonesia yang isinya sayuran, lontong, tempe, dan telur. Campuran tersebut pun kemudian diberikan saus kacang dan kadang diberikan taburan bawang goreng serta dilengkapi krupuk. Nah, perhatikan jumlah saus dan kerupuknya yaa. Kalau kebanyakan jadinya ngga sehat lagi, hihi.

  • Pecel

Nahh kalau yang ini pasti semua tau deh. Pecel merupakan makanan khas Jawa yang mudah ditemui dimana-mana nih. Umumnya pecel disajikan dengan daun papaya, daun singkong, tauge dan labu siam kemudian disiram saus kacang pedas manis. Lemaknya sedikit tapi jika kamu mengontrol siraman saus kacangnya.

  • Siomay

Siapa nih yang senang karena siomay masuk kategori? Hihi sama nih. Dalam seporsinya siomay hanya mengandung 100 kalori lho. Rendah kan? Ditambah lagi rasanya juga enak. Diet pun ngga menyiksa deh, tapi tetap perhatikan jumlah saus kacangnya yaa. Kalau kebanyakan juga bikin gagal diet!