Hellow Sahabat Hawa! Siang-siang gini habis makan siang, enaknya tidur siang deh. Bener apa bener? Hihi. Setelah makan siang emang suka rawan ngantuk nih ya! Bawaan mata jadi berat gitu rasanya trus tau-tau udah ketiduran deh. Siapa nih yang kaya gini? Eits, tapi sebenarnya tidur siang itu baik lho! Apalagi kalau dilakuin dengan benar, wuih malah jadi bermanfaat bagi tubuh kita nih.

Rasa kantuk umumnya muncul sekitar 7 hingga 8 jam setelah bangun di pagi hari. Maka dari itu sering munculnya saat siang hari dan akhirnya pun berkembang istilah tidur siang. Tidur siang ada beberapa macam lho, nih penjelasannya.

  • Nano Nap, yakni tidur siang yang dilakukan selama 2 hingga 5 menit. Benar-benar hanya sekejap saja. Biasanya dilakukan oleh orang-orang yang memiliki banyak aktivitas di siang hari sehingga waktu tidur siangnya terbatas.
  • Mini Nap, yakni tidur siang yang dilakukan selama 5 hingga 20 menit. Nah, jenis yang ini punya durasi yang lebih lama daripada yang sebelumnya.
  • Power Nap, yakni tidur siang yang dilakukan selama 20 hingga 30 menit. Jenis tidur siang ini adalah jenis yang ideal untuk dilakukan karena bisa memberikan manfaat tidur siang dengan optimal.
  • Lazy Man’s Nap, yakni tidur siang yang dilakukan selama 50 hingga 90 menit. Biasanya dilakukan oleh yang memiliki waktu yang banyak saat di siang hari. Namun sayang, jenis ini sering memberikan efek linglung dan uring-uringan karena waktunya yang lebih dari 30 menit.

Nah, seperti penjelasan diatas. Waktu tidur siang yang ideal adalah berkisar 20 hingga 30 menit atau disebut dengan power nap. Namun, apa jadinya jika kita malah tidur siang lebih banyak atau lebih sedikit dari waktu tersebut? Jika kelebihan tidur siang, tubuh kita akan merasa kelelahan dan pusing, serta bisa mengganggu tidur malam. Sementara jika tidur siang telalu singkat, misalnya 10 menit, kita akan cenderung menjadi mudah marah, tidak bersemangat, mengantuk, bahkan lelah.

Tidur siang jika dilakukan dengan kualitas dan kuantitas yang tepat ternyata bisa memberikan kita manfaat lho. Pertama adalah meningkatkan konsentrasi, kewaspadaan, dan juga daya ingat. Sebuah riset menyebutkan bahwa tidur siang dapat meningkatkan energi dan kelancaran peredaran darah, termasuk dalam otak sehingga fungsi otak pun menjadi lebih baik. Manfaat kedua adalah memperbaiki suasana hati. Tidur siang dapat memberikan efek relaksasi sehingga jika kamu sedang stres atau gelisah bisa coba untuk tidur siang nih. Selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah. Hal ini diduga karena tidur siang dapat mengurangi hormon kortisol (hormon stres) yang merupakan salah satu penyebab tekanan darah meningkat. Kemudian manfaat terpenting,yakni tidur siang juga dapat mengurangi kelelahan dan meningkatkan energi.

Nah, buat kamu yang ingin tidur siang tanpa kebablasan. Ada beberapa tips nih yang bisa dicoba. Pertama, sediakan alarm di samping  tempat kamu akan tidur. Set alarm agar berkisar antara 20-30 menit. Kedua, hindari kafein saat makan siang karena akan menggagalkan rencana tidur siang kamu nih. Kemudian, pilihlah waktu tidur siang antara pukul 2 – 3 siang. Waktu tersebut adalah waktu yang tepat untuk tidur siang, karena sudah lewat beberapa saat sejak makan siang.