Hai-hai Sahabat Hawa! Gimana nih perjalanan menuju body goals impiannya? Semangattt, usaha ngga akan menghianati hasil. Percaya deh! Oh iya, seperti yang kita ketahui ada dua cara untuk menurunkan berat badan. Pertama adalah menjaga asupan makanan dan kedua tentunya olahraga. Saat berolahraga, kita tidak hanya membakar lemak saja tetapi juga bisa membentuk tubuh.

Khusus urusan membakar lemak, terdapat dua jenis umum olahraga nih, Sahabat Hawa. Pertama, olahraga yang membakar lemak langsung pada saat itu dan akan berhenti saat latihan selesai. Selanjutnya, olahraga yang membakar lemak setelah olahraga dilakukan. Olaharaga jenis kedua ini akan terus membakar lemak bahkan jika kita sudah selesai latihan. Nah, kita bahas lebih lanjut yuk!

Olahraga jenis kedua ini mengalami yang namanya afterburn effect. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, afterburn effect adalah suatu efek dalam berolahraga dimana tubuh tetap melakukan pembakaran lemak bahkan ketika sesi olahraga telah usai. Bukan tanpa alasan, ternyata hal ini terjadi agar tubuh kita tidak “kaget” saat selesai berolahraga. Selain itu, afterburn effect juga bertujuan untuk mendinginkan kembali suhu tubuh serta mengatasi perubahan hormon yang terjadi setelah berolahraga.

Afterburn effect dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan excess post-exercise oxygen consumption atau disingkan menjadi EPOC. Sederhananya, EPOC adalah jumlah oksigen yang diperlukan untuk mengembalikan tubuh ke dalam kondisi istirahat. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa EPOC atau afterburn effect ini berada pada kadar tertinggi ketika selesai latihan. Kondisi ini pun bisa terus berlangsung hingga 38 jam. Penelitian tersebut juga menemukan bahwa semakin intens latihan yang dilakukan, maka afterburn effect yang dialami juga semakin besar.

Afterburn effect memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita nih dan efek ini bisa dirasakan oleh semua orang juga. Apa saja manfaatnya?

  • Dapat membakar lemak cukup banyak di tubuh karena tubuh memerlukan lebih banyak energi untuk kembali memulihkan diri.
  • Dapat membantu menjaga metabolisme tubuh tetap berjalan baik dan stabil.
  • Dapat membangun otot yang bebas lemak.
  • Dapat membuat tubuh menjadi lebih hangat serta melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Nah, itu dia penjelasan mengenai afterburn effect beserta manfaatnya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, afterburn effect dapat dirasakan oleh setiap orang. Namun untuk besaran kalori yang dibakar tentu berbeda-beda. Hal ini karena afterburn effect dipengaruhi oleh faktor kebugaran tubuh, jenis kelamin, usia, serta durasi dan intesitas olahraga.