Hai-hai halo Sahabat Hawa! Hari ini sudah ngelakuin olahraga apa nih? Senang ya rasanya jika sudah mulai terbiasa hidup aktif. Tubuh terasa lebih bugar, berkegiatan pun jadi semangat. Walaupun banyak yang sudah sadar akan pentingnya olahraga, masih ada juga nih yang belum memulai. Alasan klasiknya, bingung mau mulai dari mana. Padahal memulainya cukup mudah loh, berikut beberapa tips untuk memulai olahraga.

  • Bangun motivasi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tentunya membangun motivasi. Salah satu cara untuk membangun motivasi adalah menentukan tujuan olahraga. Apakah ingin mencapai berat badan ideal atau hanya ingin menyehatkan tubuh saja. Tetapkan tujuan dengan spesifik dengan demikian, kita pun jadi memiliki motivasi yang jelas. Membuat rencana olahraga pun bisa dilakukan loh. Dengan rencana olahraga ini, kita bisa tau dengan jelas sudah sejauh mana progress yang kita lakukan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa motivasi yang digabungkan dengan rencana nyata akan lebih signifikan hasilnya.

  • Mulai dari hal sederhana dan mudah

Jika sudah lama tidak berolahraga atau bahkan baru ingin mulai, hendaknya memang melakukannya dari hal sederhana dan mudah. Alasan pertama tentu agar tubuh kita tidak kaget dan bisa beradaptasi dengan aktivitas baru. Jika langsung melakukan olahraga yang intens, salah-salah tubuh malah menjadi cedera dan besoknya jadi malas untuk olahraga kembali. Jadi, untuk permulaan lakukanlah olahraga-olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, dll. Nanti jika sudah mulai terbiasa bisa mulai melakukan olahraga lain yang lebih intens.

  • Pilih olahraga yang disukai

Sebagai langkah awal, kita bisa coba untuk melakukan olahraga yang kita sukai dulu nih. Logikanya, jika kita menyukai sesuatu kita akan menjadi lebih semangat melakukan hal-hal yang berkaitan dengan hal itu. Begitu juga dengan olahraga, jika kita melakukan olahraga yang kita sukai, kita akan menjadi lebih semangat melakukannya. Jadi, yuk coba kenali olahraga apa nih yang kamu sukai.

  • Buat rencana olahraga

Olahraga memang sebaiknya dilakukan secara rutin ya. Namun, kadang ada saja alasan yang membuat kita malas dan olahraga pun jadi bolong-bolong. Nah maka dari itu, salah satu tips untuk mulai olahraga adalah membuat rencana olahraga. Misalnya, tetapkan untuk berolahraga seminggu minimal 3 kali dengan satu harinya minimal 30 menit. Dengan demikian, kita jadi berusaha untuk menepati program itu. Jika direncanakan, kita akan cenderung lebih bisa untuk mengatur diri. Sebaliknya jika menunggu waktu luang, kita malah merasa kekurangan waktu terus dan akhirnya malas berolahraga.

  • Siapkan peralatan olahraga

Sebelum mulai olahraga ada baiknya juga nih kita siapkan peralatannya. Mulai dari hal mudah saja, misalnya persiapkan baju olahraga yang akan digunakan. Kemudian sepatu juga, tentukan sepatu yang cocok untuk olahraga yang akan kamu lakukan. Olahraga dalam ruangan dan luar ruangan bisa memerlukan jenis sepatu yang berbeda lho. Next, bisa lanjut ke peralatan olahraganya, misalnya mau bersepeda siapkan sepeda. Cek kondisinya, apakah sudah aman dan siap digunakan.

  • Perhatikan asupan nutrisi

Saat kita beraktivitas, terjadi pembakaran kalori dalam tubuh. Apalagi jika kita berolahraga, kalori yang terbakar tentu cukup tinggi. Selain itu, olahraga tentu memerlukan banyak energi. Maka dari itu penting bagi kita untuk menjaga asupan nutrisi yang masuk ke tubuh. Makanlah makanan yang kaya gizi dan pastikan gizi tersebut juga seimbang. Jangan hanya fokus pada satu gizi saja ya!