Halo Sahabat Hawa! Bagaimana kabarnya hari ini? Wah tak terasa sekarang sudah bulan puasa yah. Semangat untuk para Sahabat Hawa yang sedang puasa! Saat sedang menjalankan puasa, tubuh  cenderung terasa lemas dan mudah capek. Hal ini wajar saja karena saat puasa, kita harus menahan rasa lapar dan haus dari pagi hingga sore. Lalu bagaimana ya kalau mau olahraga?

Tenang Sahabatku, kita tetap bisa berolahraga saat puasa kok. Cukup perhatikan waktu dan jenis olahraganya. Untuk waktu, disarankan untuk olahraga saat mendekati waktu berbuka. Hal ini agar tubuh kita bisa segera melakukan pemulihan setelah berolahraga. Nah, selanjutnya jenis olahraga. Olahraga yang dianjurkan saat puasa itu adalah olahraga dengan intensitas ringan yang bisa dilakukan selama 30 menit hingga 1 jam. Apa saja contoh olahraganya? Cek penjelasan di bawah ya!

  • Berjalan

Jalan kaki termasuk salah satu olahraga ringan yang bisa kamu lakukan saat puasa nih. Cukup lakukan selama 30 menit, olahraga ini sudah bisa memberikan manfaat. Olahraga ini juga mudah dan tidak perlu banyak persiapan, jalan-jalan di sekitar kompleks rumah pun bisa! Selain itu, ternyata jalan kaki dapat menjaga kesehatan tulang, jantung, dan paru-paru juga lho.

  • Bersepeda

Olahraga lainnya yang bisa dilakukan saat puasa adalah bersepeda. Yup, bisa sekalian ngabuburit juga nih bareng teman-teman keliling kompleks bahkan kota. Pasti menyenangkan! Apalagi saat pandemi begini, bersepeda berubah jadi tren. Dengan bersepeda 30 sampai 45 menit, kalori yang terbakar bisa sampai 350 kalori. Wah, lumayan kan. Ditambah lagi, bersepeda juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot, meningkatkan mobilitas sendi, bahkan juga bisa meredakan stres.

  • Jogging atau treadmill ringan

Nah, saat puasa kamu juga bisa melakukan jogging loh! Tapi tetap dengan intensitas yang ringan ya, biar nggak dehidrasi. Jogging pun tidak harus dilakukan di lapangan nih. Jika kamu punya waktu yang terbatas, jogging di kompleks bahkan di halaman rumah pun ngga masalah. Kalau kamu punya treadmill bisa juga nih jogging disana. Untuk olahraga ini, cukup dilakukan selama 20 hingga 30 menit ya. Manfaat jogging tentunya ada banyak, seperti meningkatkan kekuatan tulang, menguatkan otot, menjaga kesehatan jantung, dan menjaga berat badan.

  • Yoga

Di era sekaran siapa sih yang ngga tau yoga? Yup, olahraga ini terkenal banget bisa membuat tubuh rileks. Olahraga yoga termasuk olahraga yang tidak banyak menghabiskan energi. Olahraga ini berfokus pada pernafasan dan kelenturan tubuh. Tak jarang sehabis melakukan yoga, tubuh malah terasa lebih segar dan pikiran juga terasa jernih. Olahraga ini cukup dilakukan selama 15 hingga 30 menit dan bisa dilakukan kapan saja saat puasa. Caranya mudah saja, kamu bisa mencari video yoga di internet kemudian mulai melakukan yoga!

  • Berenang

Next, kamu juga bisa melakukan olahraga renang nih. Olahraga renang terkenal bisa membakar banyak kalori lho. Namun begitu, olahraga ini juga terkenal banyak menghabiskan energi. Jadi tetap perhatikan durasinya ya, disarankan hanya sekitar 20-30 menit saat puasa. Selain itu, hati-hati juga saat berenang agar air tak tertelan sehingga menyebabkan puasamu jadi batal.

  • Pilates

Olahraga satu ini hampir sama dengan yoga, tetapi pilates lebih fokus pada aktivitas fisik. Tujuan dari pilates sendiri adalah untuk menguatkan otot, memperbaiki postur tubuh dan tulang belakang, serta mengembangkan keseimbangan tubuh. Sama seperti melakukan yoga, kamu bisa mencari video latihannya dahulu kemudian mulai mengikuti gerakan-gerakannya.

  • Latihan beban dan kardio di Gym

Berolahraga di gym juga bisa kamu lakukan lho! Apalagi alat-alat olahraga di gym tergolong lengkap. Mau bersepeda bisa, jogging bisa, bahkan yoga pun bisa dilakukan di gym. Selain itu, kamu juga bisa ikuti kelas senam yang ada di gym. Begitu juga dengan latihan beban. Namun ingat ya, karena sedang berpuasa sangat dianjurkan untuk menurunkan intensitas olahraga. Jika terbiasa melakukan 2 jam, saat puasa kurangi menjadi 1 jam saja. Selain itu, usahakan untuk olahraga di sore hari menjelang berbuka agar tubuh bisa segera melakukan pemulihan.

Nah, itu dia beberapa jenis olahraga yang dapat kamu lakukan saat puasa. Olahraga-olahraga tersebut termasuk ke olahraga ringan yang jika dilakukan tidak akan terlalu banyak menghabiskan energi. Namun, walaupun tetap melakukan olahraga bukan berarti porsi sahur ataupun berbuka puasa nanti bisa habis-habisan ya hihi. Tetap jaga pola makan agar tetap seimbang. Selamat mencoba!