Ada yang pernah dinasehatin buat ngga mandi malam-malam? Pasti ada aja deh ya. Alasan yang tersebar di masyarakat sih karena mandi malam itu ngga bagus buat kesehatan. Alhasil banyak banget deh yang mewanti-wanti buat ngga mandi malam. Lebih jelasnya dikatakan bahwa mandi malam itu bisa bikin kita terkena rematik, paru-paru basah, bikin kulit kering, dan juga masuk angin. Wah banyak juga nih beritanya, tapi beneran ngga ya? Yuk kita bahas masing-masing!

  • Mandi malam bisa menyebabkan rematik?

Nah, informasi ini termasuk yang paling sering didengar bukan? Wah, namun hal ini belum terbukti lho Sahabat! Sampai saat ini belum ditemukan penelitian yang menjelaskan bahwa mandi malam dapat menyebabkan rematik. Yang ada justru sebaliknya nih. Mandi malam ternyata bagus untuk meringankan gejala rematik. Terlebih lagi jika mandi dengan air hangat. Rematik adalah sebuah ganguan yang umumnya ditandai dengan rasa nyeri pada sendi. Mandi malam dengan air hangat dapat membantu meredakan rasa nyeri tersebut. Selain itu, jika kamu habis beraktivitas seharian sangat disarankan untuk mandi malam dengan air hangat. Hal ini agar otot-otot yang semula tegang bisa dibuat menjadi rileks kembali.

  • Mandi malam bisa membuat kulit jadi kering?

Nah, hal ini sebenarnya termasuk mitos. Karena pada dasarnya jika kita terlalu lama mandi baik di pagi atau malam hari, kulit kita jadi kering dan berkeriput. Hal ini adalah reaksi yang wajar ditunjukkan oleh tubuh kita. Terlebih jika menggunakan air hangat, kulit memang jadi lebih mudah kering. Namun, hal ini masih bisa kita akali. Caranya adalah mempersingkat waktu mandi malam. Mandi cukup dilakukan dalam 5 hingga 10 menit, maka kulit tidak akan menjadi terlalu kering. Pastikan juga suhu air yang digunakan tidak terlalu panas.

  • Mandi malam bisa menyebabkan paru-paru basah?

Klaim ini juga sepenuhnya mitos Sahabat! Penyakit paru-paru basah,  dalam dunia medis disebut dengan pneumonia. Pneumonia adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh peradangan kantung udara pada paru-paru yang menyebabkan kantung tersebut berisikan cairan atau nanah. Akibatnya penderita penyakit ini pun jadi sulit bernafas. Nah, kaitannya dengan mandi malam bagaimana? Mitos yang beredar menyebutkan paru-paru disebabkan oleh air yang masuk saat mandi malam. Padahal penyakit ini disebabkan oleh adanya infeksi bakteri, virus, ataupun jamur. Malah, mandi malam dengan air hangat dapat melegakan jalan nafas bagi penderita pneumonia. Mereka pun akhirnya dapat tidur dengan lebih nyenyak.

  • Mandi malam bisa menyebabkan masuk angin?

Masuk angin sering dikaitkan dengan kebiasaan mandi malam. Jika kamu terbiasa mandi malam dengan menggunakan air dingin, tubuh kita secara alami akan menaikkan suhunya agar sesuai dengan suhu lingkungan. Hal ini pun akan membuat kita merasa seolah-olah sedang demam. Namun, efek ini tidak akan bertahan lama. Dalam beberapa menit, efek ini akan berkurang dan kemudian menghilang sendiri. Saat mandi di malam hari, kita cenderung akan merasa kedinginan dan menggigil akibat suhu lingkungan yang berubah saat malam hari. Maka dari itu, sebaiknya jika ingin mandi malam gunakanlah air hangat.

Nah, bagaimana? Ternyata efek negatif yang banyak dibicarakan orang tentang mandi malam hanyalah mitos belaka. Bahkan sebetulnya mandi malam dapat memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh. Mandi malam, apalagi dengan air hangat dapat membersihkan kulit, meningkatkan kualitas tidur, mengurangi gejala insomnia, dan merangsang rasa kantuk. Namun, jika kamu sedang sakit ada baiknya untuk tidak mandi malam yaa!