Setiap wanita pasti pernah mengalami masalah kekusaman wajah, wajah yang kusam memberikan penampilan yang kurang menarik. Kulit wajah yang kusam dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri karena membuat performa penampilan menjadi berkurang.

Banyak metode yang digunakan untuk mendapatkan kulit bersih dan cerah, mulai dari pergi ke klinik kecantikan yang tentunya merogoh kocek yang tinggi atau menggunakan produk-produk yang di jual di pasaran.

Tetapi sebenarnya untuk mendapatkan kulit bersih dan cerah tidak selalu membutuhkan biaya yang tinggi, Anda bisa mengikuti tips-tips di bawah ini untuk mendapatkan kulit bersih dan cehat:

1. Konsumsi Air Putih

Kekurangan mengkonsumsi cairan dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering, serta terlihat kusam dan lelah. Untuk mencegah hal ini dapat dilakukan dengan mengkonsumsi air putih.

Mengkonsumsi air putih sangat penting bagi tubuh karena dapat memenuhi asupan cairan dalam tubuh, dapat mengeluarkan racun dan membuat kulit tubuh lebih bercahaya,serta  mencegah kekeringan pada kulit

2. Berolahraga

Berolahraga dapat membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat. Dengan keluarnya keringat saat berolahraga akan dibarengi dengan kotoran yang selama ini terkunci di pori-pori kulit, sehingga kulit akan menjadi lebih bersih dan sehat.

Selain itu berolahraga dapat membuat seseorang terlihat lebih awet muda, karena berolahraga dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

3. Selalu Menggunakan Sunscreen

Sunscreen adalah salah satu produk kecantikan yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Untuk pengaplikasiannya sunscreen bisa digunakan sebelum menggunakan riasan wajah, agar lebih menyerap ke dalam kulit dan lebih direkomedasikan untuk menggunakan SPF 30  agar lebih efektif dalam melindungi kulit dari paparan sinar UV.

4. Memakai Sabun Pembersih Wajah Sesuai Jenis Kulit

Terdapat berbagai jenis kulit wajah seperti kulit berminyak, kulit kering, hingga kulit yang berjerawat.

Penggunaan sabun wajah harus disesuaikan dengan kondisi kulit, karena bila pemakaiannya tidak sesuai dengan kondisi kulit akan menyebabkan breakout berlebih pada wajah, kulit akan mengalami kemerahan, kulit akan menjadi kasar dan kusam, kulit seperti tertarik dan muncul minyak berlebih pada wajah.

5. Tidur Yang Cukup

Dengan tidur yang cukup rata-rata 8 jam setiap harinya akan membuat kulit menjadi lebih sehat dan cerah.

6. Mengkonsumsi Makanan Yang Menyehatkan Kulit

Untuk mendapatkan kulit yang sehat bukan hanya melalui perawatan dari luar saja, tetapi juga penting perawatan dari dalam. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi bagi kulit.

Terdapat beragam makanan untuk membuat kulit lebih sehat dan cantik yang dapat dikonsumsi setiap harinya seperti ubi jalar, tomat, brokoli, teh hijau dan lain sebagainya.

Sumber : merdeka.com, kompas.com, tribunnews.com