Kuliner korea yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi para penggemar K- Drama.  Disetiap drama-drama korea pada scene actor atau aktris saat santap makanan kimchi selalu tersedia. Kimchi adalah makanan tradisional yang dibuat dari aneka sayura yang sudah difermentasikan. Sayuran yang paling sering digunakan ialah sawi putih, daun bawang, lobak dan kemudian dicampurkan dengan berbagai macam bumbu seperti, kecap ikan, bawang putih, jahe, udang kecil, dan bubuk cabai merah.

Biasanya Kimchi di konsumsi hanya dengan nasi atau dicampur dengan makanan-makan lainnya  sebagai pendamping makanan utama.  Kimchi tergolong jenis makanan rendah kalori, kimchi memiliki kandungan nutrisi yang beragam, dalam satu porsi kimchi (100 gram) mengandung 18 kkal kalori, 7 gram karbohidrat, 2 gram serat, serta berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin A,C,B, sodium, kalsium dan zat besi. Karena kimchi rendah kalori dan tidak memiliki lemak, kimchi termasuk ke dalam makanan sehat . Oleh karena itu, manfaat kimchi pun beragam bagi kesehatan.

1. Bakteri Baik untuk Pencernaan

Proses pembuatannya yang dilakukan dengan cara fermentasi menjadi salah satu makanan yang mengandung bakteri baik dan berguna bagi pencernaan dan anti infeksi. Bila pencernaan sehat maka akan menyebabkan metabolisme tubuh menjadi lancar.

2. Memperlambat Proses Penuaan

Di setiap kandungannya kimchi memiliki senyawa fenolik, vitamin c, Idorofil, dan karotenoid yang mampu memperpanjang umur sel dan memperlambat proses penuaan kulit dengan melawan radikal bebas.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan bawang putih dalam kimchi, seperti allicin dan selenium, dapat menurunkan kolesterol dan juga secara tidak langsung dapat mengurangi atau mencegah risiko stroke.

4.  Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang sedang program diet hal ini merupakan kabar baik karena dalam satu porsi kimchi hanya terkandung 40 kalori saja. Kimchi memperlancar metabolisme karbohidrat untuk membantu menurunkan berat badan. Zat capsaicin dalam cabai di hidangan satu ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu penggunaan energy berlebih di tubuh, sehingga meningkatkan penurunan berat badan.

5. Membuat Kulit Bercahaya dan Rambut Berkilau

Zat Selenium yang terdapat dalam bawang putih di kimchi dapat menjaga kulit dan rambut agar tetap sehat.

(Sumber : Halodoc, HelloSehat, SehatQ)