Cokelat dihasilkan dari olahan biji kakao yang terdiri dari beragam jenis. Cokelat memiliki banyak penggemar karena rasanya yang manis, tetapi tidak semua cokelat memiliki rasa yang manis. Salah satunya adalah Dark Chocolate.

Dark Chocolate adalah coklat yang mengandung lebih dari 70% kakao dengan kandungan gula yang lebih sedikit, sehingga memiiki warna yang cenderung gelap dan rasa yang pahit. Meskipun rasanya pahit, dark chocolate dipercaya mampu menaikkan mood, menghasilkan energy dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Apa saja sih manfaat dark chocolate ? Simak penjelasan di bawah ini

  • Meredakan Stress

Dark chocolate memiliki persentase kakao lebih dari 70%, hal itu memiliki efek positif untuk meredakan stress, ingatan, suasana hati.

Cokelat hitam juga dapat meningkatkan neuroplasticity yaitu kemampuan otak untuk menyesuaikan dan menciptakan koneksi baru yang terjadi saat beradaptasi dengan hal-hal baru.

  • Menghambat Penuaan

Cokelat memiliki kadar antioksidan yang tinggi, hal ini dapat membantu menghambat proses penuaan sejalan dengan usia. Selain itu kakao juga memiliki mangan yang tinggi yang berfungsi dalam produksi kolagen untuk menjaga kulit tampak muda dan sehat.

  • Menjaga Tekanan Darah

Dark chocolate memiliki kandungan antioksidan dan kalium yang tinggi, berfungsi untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Selain itu, cokelat hitam memiliki kandungan antioksidan dan nutrisi untuk meningkatkan kolesterol baik dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.

  • Meningkatkan Memori Otak

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada lansia yang mengkonsumsi ekstrak kakao yang mengandung flavonoid yang tinggi akan memperoleh peningkatan fungsi kognitif secara signifikan, dengan cara meningkatkan peredaran darah ke otak.

Kandungan kafein dan teobromin membantu meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek. Maka dari itu, cokelat disebut mampu meningkatkan memori otak seseorang.

  • Meningkatkan Mood

Cokelat dikenal oleh masyarakat mampu memperbaiki mood atau suasana hati seseorang. Hal ini terjadi karena adanya komponen feniletalamin yang dapat meningkatkan mood seseorang, magnesium dalam cokelat berfungsi dalam menjaga keseimbangan mood agar tetap stabil

Sumber : Bola.com, Alodokter.com