Salah satu tantangan diet yang sulit dihadapi dan kebanyakan membuat pejuang diet berhenti di tengah jalan adalah kesulitan dalam menahan nafsu makan. Nafsu makan yang sulit dikendalikan dapat membuat seseorang lebih banyak ngemil atau makan berlebihan. Jika hal tersebut tidak dapat dikendalikan akan menyebabkan berat badan meningkat, bahkan mengalami obesitas. Orang yang mengalami obesitas sangat berpotensi terkena berbagai macam penyakit jantung seperti, gagal jantung, fibrilasi atrium dan penyakit jantung koroner serta dapat mengurangi kualitas hidup penderitanya.  

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang sulit dalam mengendalikan nafsu makannya, Seperti sering makan terlalu cepat atau makan sambil melakukan aktivitas lain. Selain itu, juga disebabkan karena pola makan yang kurang baik (sering makan junk food, makanan tinggi gula dan rendah serat), faktor genetic, dan mengalami gangguan makan yaitu binge eating disorder.

Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi nafsu makan, yaitu :

1. Minum Air Untuk Menahan Nafsu Makan

Meminum air putih dapat menahan rasa lapar, yang dapat mengurangi keinginan untuk ngemil atau makan berlebih. Konsumsi air putih juga dapat membantu dalam mencegah dehidrasi dan menurunkan berat badan. Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih sekitar 8 gelas per hari

2. Makan-makanan Yang Berserat Tinggi

Makanan dengan serat tinggi dapat memperlambat proses pengosongan perut dan membantu tubuh untuk memproduksi hormone agar kenyang lebih lama.

Contoh makanan dengan serat tinggi adalah kacang-kacangan yang mampu meningkatkan rasa kenyang hingga 31%, alpukat yang baik untuk pencernaan karena dalam satu buah alpukat mengandung 10 gram serat.

3. Tidak Melewatkan Sarapan

Untuk mencegah makan berlebih, jangan pernah melewatkan sarapan. Sarapan dapat memberikan energy untuk memulai aktivitas. Jika kamu melewatkan sarapan maka yang terjadi pada saat makan siang porsi makananmu lebih banyak dari biasanya. Kamu bisa sarapan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, serta protein dan sedikit lemak.

4. Fokus Terhadap Makananmu

Bila makan diusahakan untuk tidak mengerjakan hal lain seperti bermain hp atau melakukan pekerjaan lain. Jika pada saat makan dan fokus mu terbagi maka makan pun akan jadi berlebih. Maka dari itu, sebaiknya fokus saat makan dan sebisa mungkin menghindari makan sambil mengerjakan kegiatan lain.

5. Makan Perlahan

Makan dengan perlahan mampu mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi, disebabkan karena adanya peningkatan hormone antilapar yang diproduksi saat makan tidak terburu-buru. Makan secara perlahan akan memberikan otak waktu untuk menerima serangkaian sinyal dari hormon yang dikeluarkan oleh saluran pencernaan

6. Minum Sebelum Makan

Minum satu gelas air sebelum makan akan meningkatkan rasa kenyang, hal ini bisa menjadi cara untuk mengatasi nafsu makan berlebih.