Siapa sih yang gak tau HIIT Workout? Sepertinya semua sudah pada tau deh HIIT Workout itu apa.

Jadi untuk yang belum tau, HIIT Workout adalah latihan aerobic dengan intensitas tinggi yang dilakukan dalam waktu singkat, sekitar 10-20 menit.

Terdapat improvisasi latihan dari HIIT Workout yaitu Tabata Workout. Tabata Workout diperkenalkan oleh dr. Izumi Tabata, seorang ilmuwan Jepang dari National Institute of Fitness and Sport di Kagoshima. Tabata adalah olahraga yang dilakukan dengan waktu sesingkat mungkin atau kurang dari 10 menit.

Tabata dinilai sangat efektif dalam membakar kalori dan lemak yang ada di dalam tubuh, meskipun singkat pembarakan lemak yang terjadi jauh lebih banyak dibandingkan dengan aerobik, loh!. Selain itu, Tabata memiliki beragam manfaat lain bagi tubuh seperti, meningkatkan kebugaran tubuh, melancarkan metabolisme tubuh, meningkatkan massa otot, hingga menyehatkan jantung.

Ada yang tertarik gak untuk memulai Tabata? Eits sebelumnya cari tahu dulu yuk apa aja sih gerakannya?

1. High Knees Tap

Gerakan ini sangat efektif dalam membakar lemak di sekitar paha dan mengecangkannya.

Untuk melakukan gerakan ini kamu hanya perlu berlari di tempat, lalu angkat pahamu satu-satu mengenai telapak tangan dan posisikan tangan sejajar dengan perut, usahakan paha mengenai telapak tangan.

2. Squat Jump

Gerakan ini dapat memperkuat otot inti, membakar kalori dan lemak, melatih kekuatan otot kaki.

Cara melakukan gerakan ini adalah posisikan kaki terbuka lebar (usahakan 1X lebih lebar dari bahu), kedua tangan di letakkan di belakang kepala dengan siku menghadap keluar, turunkan tubuh dengan menekuk lutut hingga paha sejajar dengan permukaan lantai, angkat tubuh dan loncat setinggi mungkin, mendaratlah dengan posisi squat dan lakukan secara berulang.

3. Kick Butt

Kick Butt bertujuan untuk mengencangkan otot paha belakang dan meralaskan otot paha depan sembari melatih pergantian kaki dengan cepat.

Cara melakukan gerakan ini adalah melangkah dengan langkah yang pendek, angkat lutut sedikit dan tumit harus mengenai tepat di bawah bokong.

Gerakan ini sama dengan gerakan jogging in place tapi pada kick butt tumit harus mengenai  bawah bokong.

4.  Jumping Jacks

Gerakan ini bermanfaat untuk meningkatkan massa otot bahu dan betis.

Cara melakukan gerakan ini adalah berdiri tegak dengan kaki terbuka lebar selebar pinggul, lalu angkat kedua lengan ke atas kepala sembari melompat, kemudian kembali ke posisi awal.

5. Mountain Climbers

Mountain climbers sangat membantu dalam mengaktifkan otot trisep, deltoid dan otot perut.

Gerakan ini dapat dilakukan dengan posisi seperti akan push up dengan tangat tepat di bawah bahu dan kaki terlentang di belakang, kemudian tarik kaki kanan anda ke arah dada, lalu kembalikan ke posisi semula, lakukan gerakan yang sama dengan kaki sebelahnya.

Lakukan masing-masing gerakan selama 20 detik sebanyak 2 set.