Duh, mata panda atau dark circle bener-bener buat penampilan kita jadi ga oke banget yah! Udah ditutupin pakai concealer juga tetep ga kesamar, malah jadinya abu-abu  karena saking gelapnya kulit di sekitar area mata.

Apa sih sebenarnya penyebab mata panda? Mata panda disebabkan karena adanya penumpukkan toksin tubuh pada area tersebut, bisa terjadi karena kurang tidur, stress atau dehidrasi. Tapi girls, penyebab mata panda bukan saja berasal dari ketiga hal tersebut, dark circle juga bisa disebabkan karena paparan sinar matahari yang menipiskan permukaan kulit, faktor genetic, alergi, hingga merokok juga bisa jadi penyebabnya loh!.

Mata panda terkadang berwarna hitam dan sedikit kebiruan hal itu disebabkan karena pembuluh darah di sekitar lingkar mata membesar dan jadinya terlihat jelas.

Lalu, gimana sih cara menghilangkan mata panda?

1. Hindari Begadang

Seperti yang kita ketahui begadang di malam hari dapat menyebabkan lingkar hitam muncul  di area bawah mata.

Usahakan tidur lebih awal dari biasanya, waktu tidur yang normal yaitu 7-8 jam per malam.

2. Redakan Dengan Kompres Air Dingin

Mata panda terjadi karena pembuluh darah di sekitar mata melebar. Untuk mengecilkan pembuluh darah bisa kamu bisa melakukan kompres air dingin atau es batu di bawah mata.

Cukup dengan membungkus es batu atau rendam kain dengan air dingin, lalu tempelkan pada area mata yang berwarna hitam.

3. Pijat Lembut Area Sekitar Mata

Lingkaran mata atau mata panda juga bisa disebabkan karena buruknya sirkulasi darah di sekitar mata.

Untuk mengatasi hal tersebut, bisa dilakukan dengan memijat lembut area sekitar mata agar sirkulasi darah menjadi lancar.

4. Kompres Dengan Kantong Teh Celup

Teh hitam atau the hijau baik untuk memperbaiki sirkulasi darah dikulit dan berfungsi untuk mencerahan karena mengandung kafein dan antioksidan.

Kamu bisa mengompres mata dengan kantong the basah yang telah didinginkan di dalam kulkas dan tempelkan kurang lebih 15-20 menit.

5. Perbanyak Minum Air

Dehidrasi dapat menyebabkan kantong mata menghitam, maka dari itu kamu perlu meningkatkan asupan cairan agar kulit sekitar mata kembali normal.

6. Menggunakan Krim Khusus Mata

Kamu bisa menggunakan eye cream yang mengandung Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K untuk mengurangi kerutan di kulit dan mampu menyegarkan mata panda.