Olahraga adalah suatu kegiatan yang wajib sekali dilakukan untukmenjaga kesehatan tubuh. Olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, bukan hanya untuk menjaga kesehatan saja, tetapi menjaga berat badan, meningkatkan imun dan lain sebagainya.

Tapi, pernahkah kamu setelah olahraga merasa lapar? Rasa lapar yang muncul setelah berolahraga wajar banget loh terjadi, karena energy kalian terpakai untuk bergerak serta kalori yang terbakar membuat tubuh menjadi lelah dan kekurangan tenaga!

Oleh karena itu kamu wajib banget untuk makan, tapi nih ada beberapa makanan yang harus dihindari untuk menjaga sistem pencernaan tetap  baik.

1. Sayuran Mentah

Pasti kalian bingung kan, kenapa?

Bukan karena masalah gizinya, melainkan setelah olahraga berat, kamu membutuhkan kalori, karbo berkualitas tinggi, dan protein

Kalau dikonsumsi terlalu banyak, kamu bakalan kenyang tapi tidak mendapatkan jumlah nutrisi atau kalori yang sangat dibutuhkan setelah olahraga.

2. Gorengan

Kalian pasti sudah taukan gorengan perlu banget dihindari bagi kalian yang sedang menurunkan berat badan?

Kenapa perlu banget dihindarin? Karena gorengan mengandung sedikit manfaat bagi tubuh dan mengandung banyak lemak trans yang berbahaya

Kandungan lemak yang tinggi akan memperlambat proses pencernaan dan tubuh akan terasa lesu.

3. Fast Food

Bukan rahasia lagi, makanan cepat saji gak baik bagi tubuh kalian.

Makanan cepat saji dapat dengan cepat mengganti kalori yang dikeluarkan tubuh saat olahraga, jadi rugi dong kalian olahraga keras, eh tapi malah balik lagi lemaknya, hihi.

4. Minuman Manis

Setelah berolahraga memang enak banget gak sih minum minuman manis apalagi ditambah es, uh seger banget! Apalagi kebanyakan dari kita lebih menyukai konsumsi jus dengan campuran gula.

Mengkonsumsi jus dengan campuran gula setelah berolahraga salah besar ya, karena minuman tersebut mengandung fruktosa yang sulit dicerna tubuh.

Minuman manis dapat mengurangi efek pembakaran lemak apalagi kalau kamu sudah berolahraga dengan intensitas yang tinggi.

5. Kafein

Minum kopi setelah berolahraga bukan pilihan yang tepat, karena kafein dapat membuat tubuh dehidrasi.

Kafein juga dapat meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormone dan meningkatkan peradangan.