Girls, kadang malu gak sih kalau ada bau-bau yang ga sedap keluar dari kaki alias bau kaki? Duh! Buat gak nyaman dan hilang percaya diri banget yah. Hal ini biasanya terjadi bila kita terlalu lama menggunakan sepatu tertutup atau tidak membersihkan kaki dengan benar.

Bau kaki atau dalam bahasa medis dikenal dengan nama bromodosis. Umumnya terjadi karena adanya penumpukkan keringat yang akhirnya menghasilkan pertumbuhan bakteri di kulit. Kaki adalah salah satu anggota tubuh yang memiliki kelenjar keringat terbanyak. Kelenjar ini mengeluarkan keringat untuk mengatur suhu tubuh dan menjaga kulit tetap lembab.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, terdapat beberapa tips yang dapat kamu coba!

1. Menggunakan Sepatu yang Berbeda

Sepatu yang menutupi seluruh kaki sangat beresiko menyebabkan bau kaki, tipsnya adalah saat santai kamu bisa mengganti sepatumu menggunakan sandal atau sepatu yang sedikit terbuka.

Selain itu rajinlah mencuci atau menjemur sepatumu 2 hari sekali.

2. Rajin Membersihkan Kaki

Untuk mencegah bau kaki  kamu harus rajin membersihkan kaki,  dengan cara menggunakan scrub atau sabun pada saat mandi pagi atau sore, gunting kuku kaki sesering mungkin, rajin membersihkan sel kulit mati yang keras dengan foot file untuk mencegah berkembangnya bakteri karena kulit keras akan menjadi lembek ketika basah.

3. Menggunakan Kaos Kaki Yang Tepat

Pilihlah kaos kaki berbahan katun atau wol karena dapat menyerap keringat lebih baik.

4. Rendam Kaki Dengan Air Garam

Campurkan garam ke dalam baskom yang berisi air hangat dan rendam kaki selama 20 menit. Dengan merendam kaki menggunakan air garam dapat mengurangi kelembapan di kaki dan melawan bakteri penyebab bau kaki

5. Menggunakan Produk Penghilang Bau Kaki

Sudah banyak produk penghilang bau kaki yang beredar di pasaran. Ada yang disemprot, ada yang berupa bedak atau sabun khusus antibakteri.

Produk-produk tersebut dapat membantu kamu mencegah terjadinya bau kaki.

6. Menggunakan Air Cuka

Kamu dapat merendam kaki dengan air cuka selama 15 menit, karena cuka memiliki kadar asam yang tinggi dan efektif untuk membunuh kuman penyebab bau kaki.