Susah buang air besar atau sembelit sering terjadi ketika frekuensi buang air besar menjadi berkurang, nama lain dari susah buang air besar adalah konstipasi dan dapat dialami segala usia. Konstipasi dapat menjadikan tinja menjadi keras sehingga sulit dikeluarkan.

Penyebab buang air besar menjadi tidak lancar ketika tinja melewati usus besar lebih lama dari biasanya. Selain itu, disebabkan karena usus terlalu banyak menyerap air dari kotoran atau feses.

Banyak kondisi yang menjadi penyebab susah BAB, yaitu :

1. Gaya Hidup

Pola makan yang kurang sehat dan gaya hidup yang tidak aktif adalah penyebab sembelit yang paling umum terjadi. Bila kamu kekurangan serat di dalam tubuh dapat menjadi penyebab sembelit. Makanan yang kaya akan serat sangat membantu untuk melancarkan BAB. Serat sangat dibutuhkan untuk meningkatkan feses dan membantu melunakan feses karena memiliki kandungan air yang tinggi.

Untuk mendapatkan sumber serat kamu dapat mengkonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran dan dapat dibantu dengan suplemen serat.

Selain menjaga pola makan dengan mengkonsumsi  serat, melakukan olahraga juga bermanfaat untuk melancarkan BAB.

Orang yang rajin berolahraga tidak akan mengalami sembelit karena usus besar dapat meresp0ons aktivitas yang dilakukan tubuh.

2. Kurang Minum Air Putih

Pola makan tidak sehat dan dibarengi dengan kurangnya kebutuhan cairan dalam tubuh dapat menjadi penyebab sembelit.

Tubuh yang kekurangan cairan akan menyebabkan tinja menjadi keras dan kering. Selain itu mengkonsumsi air putih dapat membantu penyerapan nutrisi makanan dengan baik.

3. Sering Menunda BAB

Menunda BAB dapat membuat perut terasa tidak nyaman, menunda BAB juga dapat menyebabkan konstipasi.

Kalau perut kamu sakit segeralah ke toilet.

4. Kondisi Kesehatan Tertentu

Pada beberapa kasus, kesulitan buang air besar dapat dianggap adanya pertanda atau kondisi medis tertentu.

Penyakti irritable bowel syndrome (IBS) merupakan salah satu penyebab buang air besar tidak lancar yang paling umum.

Selain IBS ada kondisi medis tertentu yang dapat menjadi penyebab susah BAB seperti stroke, kanker kolon, stress, cedera saraf belakang, diabetes dan lupus.