Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Namun tidak semua orang bisa mendapatkan tidur yang cukup. Bahkan ada yang mengalami kurang tidur sehingga kualitas tidur kurang baik dan mengalami gangguan tidur.  Tidur yang cukup dan optimal juga berperan penting dalam menjaga kesehatan yaitu dengan cara meningkatkan konsentrasi , mencegah obesitas, menjaga performa fisik hingga menurunkan risiko penyakit jantung. Jika cukup sering mengalami kesulitan untuk tidur ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencapai kualitas tidur yang optimal:

  1. Mengurangi Penggunaan Alat Elektronik

Jika kamu suka menonton televisi atau bermain smartphone sebelum menjelang jam tidur, sebaiknya hentikan kebiasaan – kebiasaan itu karena hal tersebut dapat membuat kamu semakin sulit terlelap. Kebiasaan tersebut berisiko membuat kualitas tidur berkurang sehingga kamu dapat mengalami berbagai gangguan tidur karena tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup. Oleh sebab itu, meski terasa nyaman dan seru lebih baik jauhkan gadget dari pandangan mata, setidaknya satu jam sebelum jam tidur. Sinar biru dari layar gadget, seperti smartphone, tablet, hinggal laptop dapat menekan hormone melatonin, yaitu hormon yang bertugas meregulasi tidur kamu. Dengan mengurangi penggunaan gadget bisa dipastikan kamu akan lebih mudah cepat tidur.

2. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi risiko kamu mengalami gangguan tidur. Aktivitas fisik yang rutin dilakukan dapat memangkas waktu yang biasanya dihabiskan untuk menunggu rasa kantuk datang sehingga lebih cepat untuk terlelap. Semakin rutin kamu melakukannya maka akan semakin besar pula kesempatan untuk menerapkan pola tidur yang sehat. Olahraga yang dilakukan tidak perlu yang berat – berat asal konsisten dilakukan seperti program olahraga Hawa Gym Home Workout yang telah memiliki panduan olahraga untuk pemula yang ingin membangun kebiasaan baik untuk memulai hidup sehat. Hawa Gym Home Workout bisa menjadi salah satu alternatif olahraga yang dapat dipilih oleh Sahabat Hawa agar lebih rajin berolahraga

3. Mengurangi Konsumsi Kafein

Kafein merupakan salah satu minuman yang mengandung stimulan yang ditemukan dalam berbagai jenis minuman kopi, teh dan minuman berenergi. Namun jika dikonsumsi secara berlebih minuman ini akan memberikan efek sampingnya. Salah satunya yaitu dapat menahan kantuk sehingga kamu lebih susah untuk terlelap dan menurunkan kualitas tidur. Untuk meminimalisir hal tersebut upayakan waktu paling akhir dalam mengonsumsi minuman ini 5 -6 jam sebelum jam tidur.

4. Ciptakan Kondisi Kamar Senyaman Mungkin

Lingkungan yang tenang, gelap dan sejuk dapat membantu kamu tidur dengan nyaman. Dengan membuat kamar tidur menjadi gelap dapat  memberi sinyal ke otak bahwa ini waktunya untuk tidur. Kualitas bahan dari kasur dan bantal juga harus dipastikan dalam kondisi baik hal tersebut akan membuat kualitas tidur kamu semakin optimal. Menambahkan aromaterapi didalam kamr juga member efek rileks dan tenang dalam tubuh.

5. Perhatikan Makanan Yang Dikonsumsi

Makanan juga menjadi hal yang harus diperhatikan dalam mencapai kualitas tidur yang optimal hal tersebut karena berhubungan dengan memperhatikan waktu mengonsumsi makanan agar jangan terlalu dekat dengan jam tidur. Pasalnya, proses pencernaan makanan bisa memakan waktu setidaknya 2-3 jam. Hal tersebut akan mengakibatkan kamu sulit tidur. Oleh karena itu ingat untuk memberi jeda waktu  yang cukup bagi tubuh untuk mencerna makanan sebelum jam tidur. Jika bisa hindari juga makanan yang tinggi karbohidrat dan makanan tinggi lemak mendekati waktu tidur.

6. Disiplin Terhadap Waktu Tidur Yang Telah Diatur

Mengatur waktu tidur dan menaatinya secara disiplin juga menjadi kunci dari mencapai kualitas tidur yang optimal. Hal tersebut akan membentuk kebiasaan baik untuk menjadi rutinitas harian sehingga dapat membantu kondisi tubuh agar tertidur lebih cepat. Disiplin terhadap waktu tidur juga akab menciptakan kebiasaan jam biologis tubuh atau ritme sirkadian yang teratur.