Senam aerobik merupakan serangkaian gerakan yang dilakukan dengan tempo cepat dan bertujuan untuk membantu meningkatkan pasokan oksigen di dalam tubuh. Dengan begitu, metabolisme tubuh sekaligus proses pembakaran lemak pun akan meningkat sehingga berat badan pun bisa menurun. Hampir setiap gerakan dalam senam aerobik bertujuan untuk melancarkan dan meningkatkan aliran oksigen ke otot tubuh dan jantung. Semakin banyak oksigen yang masuk ke dalam tubuh, fungsi organ dapat berjalan dengan baik dan tubuh pun semakin sehat. Melakukan senam aerobik dengan rutin akan memberikan segudang manfaat bagi kesehatan, berikut penjelasannya :

  • Mengendalikan berat badan

Sebagai salah satu olahraga menurunkan berat badan, senam aerobik bisa membantu kamu untuk mengendalikan berat badan dan membakar kalori berlebih. Studi terbitan jurnal Obesity pada 2013 menunjukkan efek penurunan berat badan pada 141 partisipan dengan obesitas. Partisipan berolahraga dengan membakar 400-600 kalori per sesi dalam 5 hari per minggu selama 10 bulan. Hasilnya terjadi penurunan berat badan sekitar 4,3-5,6 persen. Demi mendapatkan hasil lebih efektif, kamu perlu memadukan olahraga dengan asupan makanan yang sehat dan seimbang.

  • Meningkatkan mood dan mengurangi stres

Selain membuat tubuh menjadi bugar, senam aerobik juga bermanfaat membantu menjaga kesehatan pikiran. Melakukan aktivitas olahraga seperti senam aerobik akan membantu meningkatkan mood serta mengurangi stres.  Dengan irama musik yang menyenangkan serta kebersamaan yang ada saat melakukan senam aerobik juga akan membuat kondisi mental kamu menjadi lebih baik. Jika rutin dilakukan, olahraga ini dinilai bisa membantu meringankan gejala depresi dan mengurangi ketegangan yang berkaitan dengan gangguan kecemasan. Melakukan senam aerobik akan membuat pikiran menjadi rileks.

  • Menurunkan tekanan darah

Tak banyak yang tahu kalau salah satu manfaat senam aerobik adalah dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini bisa terjadi karena gerakan senam aerobik bisa melatih jantung. Sehingga, maka olahraga ini juga akan memberikan manfaat untuk orang yang memiliki tekanan darah tinggi. dengan rutin melakukan senam ini, gejala-gejala hipertensi yang ada juga dapat mereda.

  • Menjaga kesehatan jantung

Gerakan senam aerobik bisa membuat napas dan jantung berdetak lebih cepat, sehingga dapat memperkuat otot jantung dan membuat jantung memompa darah dengan lebih efisien. Selain itu, aerobik juga dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

  • Meningkatkan stamina tubuh

Manfaat senam aerobik selanjutnya adalah untuk meningkatkan stamina. Memang, saat pertama kali memulai senam aerobik, tubuh mungkin akan terasa kelelahan. Namun, jika kamu melakukannya secara teratur, lama-kelamaan stamina tubuh akan meningkat dan rasa lelah akan berkurang. Kekuatan jantung, paru-paru, tulang, hingga otot juga akan meningkat, seiring berjalannya waktu. Ketika kamu tidak memiliki stamina yang prima, tubuhmu rentan terjangkit berbagai penyakit. Meski melelahkan, melakukan olahraga ini secara rutin dapat meningkatkan stamina. Selain itu, dengan melakukan senam aerobik, kamu akan lebih segar dan tidak mudah sakit. Hal ini dapat membuat kamu lebih bertenaga dan tidak mudah lelah ketika beraktivitas.

  • Meningkatkan metabolisme tubuh

Manfaat selanjutnya dari olahraga senam aerobik adalah mampu membantu memperkuat fungsi metabolisme tubuh dengan lebih baik. Seperti diketahui, laju metabolisme tubuh memengaruhi kemampuan tubuh dalam memproses kalori. Jika kalori tidak digunakan, dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Berolahraga senam aerobik bisa bantu membakar kalori yang ada dalam tubuh. Kamu bisa menerapkan berbagai gerakan senam aerobik sederhana di rumah, seperti rocket jump, squat jump, squat, hingga burpee yang mudah dilakukan. Kamu hanya perlu mengulangi gerakan-gerakan tersebut sebanyak 15-25 kali.

Manfaat senam aerobik akan lebih optimal bila dilakukan dengan durasi singkat, tetapi dengan frekuensi yang lebih sering. Kamu pun bisa menjadikan senam aerobik sebagai bagian dari keseharian dan gaya hidup. Meski demikian, berolahraga aerobik secara berlebihan ternyata juga tidak baik untuk tubuh. Terlalu sering melakukan senam aerobik dapat menyebabkan beberapa kondisi, seperti kelelahan, gangguan tidur, dan jantung berdebar saat istirahat. Untuk itu penting untuk mengimbangi senam aerobik dengan olahraga lainnya. Selain melakukan olahraga, pola makan juga harus dijaga agar penurunan berat badan lebih signifikan. Nah bagi kamu yang ingin mendapat e-book pola makan untuk diet dan video panduan olahraga yang dapat memaksimalkan latihan, bisa mengikuti program Hawa Gym Home Workout karena dengan mengikuti program ini kamu akan mendapat banyak manfaat untuk membantumu dalam program penurunan berat badan meskipun dengan olahraga di rumah saja. Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/