High Intensity Interval Training (HIIT) kardio merupakan olahraga kardio yang memanfaatkan kombinasi gerakan intensitas tinggi dan intensitas rendah secara bergantian dalam satu waktu. HIIT kardio hanya memerlukan waktu singkat dan tidak perlu dilakukan setiap hari, cukup dua kali seminggu selama 10-20 menit. Meski cuma sebentar, efeknya untuk tubuh luar biasa. Olahraga ini dapat menghasilkan pembakaran lemak lebih lama, bahkan setelah berolahraga.

Polanya berawal dari intensitas sedang dan beralih ke intensitas tinggi secara bergantian dalam interval yang telah kamu tentukan. Berkat intensitas latihan yang tinggi, jantung akan bekerja hingga 70-90 persen dari detak jantung maksimal. Sehingga, latihan ini juga menjadi metode yang efektif untuk meningkatkan kebugaran jantung dan pembuluh darah, sekaligus membakar lemak tubuh. Untuk memulai latihan, kamu bisa melakukan pemanasan jogging atau berlari ringan selama 5-10 menit. Kemudian lakukan gerakan inti berupa lari sprint sekitar 15-20 detik dan istirahat dengan berjalan selama 60-90 detik. Ulangi tahapan ini 5 sampai 10 kali atau sesuai dengan kapasitas tubuhmu.

Untuk lebih tahu keunggulan olahraga HIIT bagi tubuh, berikut penjelasannya:

  • Membakar kalori dalam waktu yang singkat

Dalam sebuah riset, para peneliti menemukan bahwa HIIT dapat membakar lebih banyak kalori dibandingkan jenis olahraga lainnya. Satu buah studi membandingkan olahraga HIIT dengan angkat beban, lari, dan bersepeda selama 30 menit. Hasilnya, HIIT berhasil membakar 25-30 persen lebih banyak kalori. Kesimpulannya, HIIT memang berdurasi singkat, tetapi kemampuannya dalam membakar kalori boleh diadu dengan jenis olahraga lain.

  • Menurunkan berat badan

Manfaat lain dari HIIT cardio adalah kemampuannya menurunkan berat badan secara signifikan. Hal ini karena latihan HIIT dapat membakar kalori dengan cepat, otomatis lemak yang terdapat dalam tubuh juga lebih mudah terbakar. Studi dari University of New South Wales menunjukkan bahwa olahraga HIIT sebanyak 3 kali seminggu selama 20 menit per sesi dapat membantu menurunkan berat badan sebanyak 2 kilogram. Penurunan ini terlihat setelah 12 minggu, bahkan meski tak disertai perubahan pola makan. Apabila tujuan utama berolahraga adalah mendapatkan berat badan yang ideal dalam waktu yang relatif singkat, olahraga ini sangat cocok untuk kamu.

  • Meningkatkan stamina

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa latihan HIIT dapat menstimulasi sistem aerobik dan anaerobik. Itu berarti tubuh akan memiliki lebih banyak stamina. Stamina yang baik akan berhubungan dengan kebugaran dan kesehatan anda. Selain itu hal tersebut juga akan mendukung kualitas olahraga.

  • Menurunkan tekanan darah

Para peneliti membuktikan bahwa olahraga HIIT dapat menurunkan detak jantung dan tekanan darah pada pasien obesitas yang memang cenderung mengidap tekanan darah tinggi. Namun perlu diingat, manfaat HIIT yang satu ini dianggap tak bisa dirasakan oleh mereka yang sudah punya berat badan ideal dan tekanan darah yang normal.

  • Membentuk massa otot

Tidak hanya angkat beban yang dapat membantu kamu membentuk massa otot. Olahraga HIIT juga bisa membantu untuk membentuk otot-otot di bagian tubuh. Namun, manfaat HIIT yang satu ini dianggap lebih efektif jika dilakukan oleh mereka yang memang tidak aktif secara fisik. Meski HIIT mampu membantu kamu membentuk otot, harus tetap diakui bahwa angkat beban adalah jenis olahraga yang paling efektif dalam membentuk otot.

  • Membantu penyerapan oksigen pada otot

Latihan ketahanan, seperti berlari atau bersepeda dalam durasi panjang dan kecepatan tetap, umumnya berfungsi untuk meningkatkan penyerapan oksigen pada otot. Tanpa memakan waktu lama, manfaat yang sama juga bisa Anda rasakan dengan berolahraga HIIT. Latihan HIIT cardio sebanyak 4 hari per minggu selama 20 menit per sesi mampu meningkatkan penyerapan oksigen sebesar 9 persen. Sedangkan, manfaat serupa baru bisa Anda peroleh setelah bersepeda terus-menerus selama 40 menit sebanyak 4 hari per minggu.

Olahraga HIIT kardio lebih baik dilakukan dengan gerakan yang tepat agar lebih terstruktur dan terhindar dari cedera akibat gerakan yang kurang sesuai. Salah satu referensi gerakan yang dapat di ikuti yaitu mengikuti video latihan yang disediakan di program Hawa Gym Home Workout. Program Hawa Gym Home Workout ini juga termasuk dalam olahraga HIIT karena dilakukan dalam waktu singkat dan membantu dalam proses penurusan berat badanmu lho. Program ini cocok dilakukan dirumah karena gerakan yang disediakan mudah diikuti. Selain mendapat video latihan yang telah dirancang oleh trainer profesional agar latihan menjadi maksimal kamu juga akan mendapatkan banyak benefit lain dari mengikuti program Hawa Gym Home Workout seperti, sesi konsultasi dengan trainer professional dan dokter pribadi, e-book pola makan yang sehat, diskon merchant dan masih banyak lagi.