Olahrga secara rutin memang baik untuk menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan serta untuk membentuk daya tahan tubuh yang kuat. Namun, para pakar menegaskan bahwa rutinitas olahraga tidak boleh dilakukan setiap hari, 24 jam 7 hari, kamu juga perlu memiliki rest day. Rest day akan memastikan tubuh dan pikiranmu memiliki waktu yang cukup untuk pulih setelah olahraga. Memberi kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat sama pentingnya dengan melatihnya. Rest day atau waktu istirahat sangat penting bagi para olahragawan, baik itu atlet professional atau para pemula. Rest day sangat diperlukan untuk membantu pemulihan otot, mencegah kelalahan, dan performa secara menyeluruh. Agar rest day kamu menjadi lebih berarti, kamu bisa melakukan latihan berintensitas rendah seperti jalan santai atau yoga. Kegiatan ini akan membantumu tetap aktif sambil membiarkan tubuh untuk tetap pulih. Ingatlah bahwa tanpa waktu istirahat yang cukup, maka akan sulit bagi kamu untuk bisa mencapai tujuan yang di inginkan. Rest day yang ideal berbeda untuk setiap individu. Hal ini bergantung dari seberapa tingginya intensitas dan frekuensi rutinitas normal, termasuk gaya hidup di luar waktu latihan.

Pentingnya melakukan rest day dalam menjaga daya tahan tubuh di tengah rutinistas berolahraga bisa disimak penjelasan berikut :

  • Mencegah Kelelahan Otot

Rest day olahraga akan menghabiskan glikogen otot kamu. Apabila cadangan glikogen tidak diganti, maka kamu akan mengalami kelelahan otot dan juga rasa sakit. Selain itu, otot juga butuh glikogen supaya bisa berfungsi bahkan ketika kamu sedang tidak berolahraga. Dengan memperoleh istirahat cukup, maka kamu tidak akan mengalami kelelahan karena cadangan glikogen sudah diisi kembali.

  • Memberi Waktu Istirahat Untuk Otak

Tubuh bukan satu-satunya yang perlu istirahat dari olahraga, pikiran atau otak juga akan mendapatkan manfaat dari rest day yang kamu lakukan. Olahraga meningkatkan hormon stres, yaitu kortisol. Ketika kortisol tinggi, tubuh tidak dapat bekerja dengan efisien karena otak percaya bahwa kamu meletakkannya dalam lingkungan berbahaya. Kadar kortisol yang tinggi akan membuat tubuh berfokus pada menjaga keamanan, bukan membangun jaringan tanpa lemak.

  • Meningkatkan Performa Latihan

Saat kamu tidak cukup istirahat, maka kemungkinan kamu akan sulit melakukan rutinitas normal apalagi untuk menantang diri.  Sebagai contoh, kamu mungkin akan merasa kurang termotivasi untuk melakukan rep tambahan atau berlari 1 mil lagi.  Bahkan ketika kamu memaksakan diri, maka latihan berlebihan bisa menurunkan performa olahragamu. Nantinya, kamu bisa mengalami penurunan daya tahan, waktu reaksi yang lambat atau kelincahan yang menurun. Sedangkan rest day bisa memberikan efek sebaliknya yakni meningkatkan energi dan mencegah kelelahan sehingga tubuh lebih siap untuk latihan berikutnya. Dengan melakukan rest day atau isitrahat, maka energi Kamu akan meningkat dan mencegah rasa lelah, sehingga tubuh akan siap kembali untuk melakukan sesi latihan secara konsisten.

  • Mengurangi Risiko Cedera

Mendorong tubuh bekerja terlalu keras dan terlalu sering dengan olahraga tanpa istirahat cenderung akan berakhir dengan cedera dan rasa sakit. Keletihan karena olahraga yang terlalu keras dapat menyebabkan patah tulang karena stres, cedera berlebihan, nyeri sendi, dan kelelahan emosional. Ketika tubuh terlalu banyak bekerja, maka kamu akan cenderung melakukan gerakan dengan tidak benar, berat badan yang tidak seimbang dan berbagai kesalahan lainnya. Latihan terlalu berlebihan juga akan membuat otot stres dan mengalami ketegangan berulang yang kemudian meningkatkan risiko cedera. Untuk itulah, istirahat sangat baik dilakukan di antara waktu latihan kamu.

  • Meningkatkan Kualitas Tidur

Walaupun melakukan latihan secara teratur juga mampu meningkatkan kulitas tidur, namun mengambil dan mempersiapkan rest day juga mampu meningkatkan kualitas tidur Kamu secara lebih baik lagi. Perlu Kamu ketahui bahwa aktivitas fisik yang berat akan meningkatkan hormon peningkat energi seperti hormon kortisol dan adrenalin. Namun, berolahraga secara berlebihan juga akan terus menghasilkan hormon tersebut secara berlebihan. Dengan melakukan rest day, maka Kamu akan mendapatkan kualitas tidur yang sangat baik dan membantu hormon tersebut dalam kondisi normal serta seimbang.

Membiarkan tubuh untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup adalah salah satu kunci terbaik untuk mendapatkan tingkat kebugaran yang sukses. Jika masih bingung dalam mengatur jadwal olahraga dan waktu yang tepat untuk rest day serta mendapat free e-book pola makan agar lebih teratur kamu bisa ikut program Hawa Gym Home Workout. Program ini telah dirancang oleh trainer profesional dan memang dikhususkan bagi kamu yang ingin rutin berolahraga untuk menurunkan berat badan. Selain memberikan video latihan untuk gerakan  olahraga yang mengenai seluruh bagian tubuh, kamu juga akan mendapatkan gratis sesi konsultasi dengan trainer dan doker jika memiliki pertanyaan seputar diet. Benefit lain yang akan kamu dapatkan yaitu mendapat diskon di merchant yang sudah bekerjasama dengan Hawa Gym, hemat bensin dan bisa berolahraga di rumah sesuai dengan waktu olahraga yang kamu inginkan. Untuk info lebih lanjut kunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/.