Tubuh diprogram untuk melakukan berbagai macam kegiatan untuk menjaga kondisinya. Jika kamu tidak menggunakannya dengan baik seperti latihan dan olahraga, tubuh memiliki alarm yang akan memintanya sendiri. Ini adalah tanda-tanda yang tubuh kirimkan jika kamu butuh melakukan olahraga untuk meningkatkan produktivitas :

  • Badan pegal-pegal

Rasa sakit pada punggung belakang, lutut, dan bahu saat bangun di pagi hari, padahal tidak habis melakukan aktivitas berat, bisa jadi akibat kamu kurang berolahraga. Terkadang rasa pegal-pegal ini membuat orang jadi menunda untuk berolahraga. Padahal sebaliknya, ketika kondisi ini terjadi tubuh memberikan sinyal untuk segera melakukan gerakkan. Dengan menggerakan otot-otot tubuh, persendian akan rileks dan darah mengalir lebih lancar ke seluruh bagian tubuh. Alhasil, rasa sakit dan pegal yangkamu  rasakan tadi akan berangsur pulih dan tubuh kembali normal. Bahkan orang yang memiliki rasa pegal dan sakit jangka panjang, seperti rheumatoid arthritis, berolahraga teratur bisa meringankan gejala yang kamu rasakan.

  • Sulit mengelola stress

Jika akhir-akhir ini kamu selalu merasa stres, memikirkan banyak hal, cemas, ketakutan akan berbagai hal, mungkin bisa jadi tanda tubuh sangat membutuhkan aktivitas fisik. Salah satu solusi atas hal tersebut adalah berolahraga. Olahraga akan membuatmu  merasa lebih tenang dan senang. Bahkan, Irish Journal of Medical Science menunjukkan bahwa olahraga atau aktivitas fisik memiliki efek menguntungkan untuk mengatasi gejala depresi, sebanding dengan pengobatan antidepresan. Olahraga juga bisa meningkatkan kadar endorfin di dalam tubuh. Endorfin adalah hormon alami yang akan memberikan efek rasa senang dan tenang. Jadi, setelah berolahraga, akan terjadi peningkatan mood atau suasana hatimu jauh lebih baik karena adanya hormon tersebut.

  • Mudah merasa lelah

Meski tidak melakukan aktivitas yang berat dan padat, tubuh yang jarang olahraga akan terasa cepat lelah. Inilah tanda bahwa tubuh membutuhkan olahraga sesegera mungkin. Olahraga dapat membantu suplai oksigen ke dalam tubuh lebih baik dan memperlancar peredaran darah.Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa rutin melakukan olahraga dapat mengurangi perasaan lelah hingga 65 persen.

Olahraga teratur meningkatkan fungsi sistem kardiovaskular yang memungkinkan kamu untuk memiliki daya tahan lebih besar sepanjang hari. Ketika lebih mudah beraktivitas sehari-hari, kamu akan memiliki sisa energi lebih banyak dan tidak mudah merasa lelah. Ternyata, semakin sering berolahraga membuat mitokondria (bagian yang memproduksi energi dalam sel) semakin banyak. Artinya, tubuhmu akan memiliki cadangan energi yang semakin banyak juga, sehingga tak cepat merasa lelah.

  • Selalu merasa lapar

Kurang olahraga akan membuat tubuh menjadi gampang lelah. tubuh yang lelah menghasilkan lebih banyak hormon ghrelin hormon yang mengatur sensor lapar. Produksi hormon ini secara berlebihan akan membuat kita ingin makan lebih banyak. Masalahnya pada fase ini, tubuh tidak tahu bahwa kelelahan ini bukan dari kekurangan energi, tetapi justru karena kurangnya pergerakan dan penyempitan pembuluh darah. Olahraga secara teratur akan bisa mengendalikan hormon  ghrelin dan menjaga perasaan lapar.

  • Kesulitan tidur

Mengalami kesulitan tidur saat malam hari bisa menjadi salah satu tanda kamu perlu melakukan olahraga. Sebuah penelitian membuktikan bahwa olahraga minimal 30 menit selama 4 kali seminggu dapat meningkatkan kualitas tidur di malam hari dan menghilangkan rasa kantuk di siang hari. Selain itu, olahraga secara rutin dapat meningkatkan suasana hati dan memperkuat ritme sirkadian atau siklus tidur secara biologis pada tubuh seseorang. Olahraga membuat orang bisa membawa kantuknya pada malam hari secara penuh, hingga kembali segar pada keesokan harinya.

  • Mengalami kenaikan berat badan

Akibat jarang olahraga dan banyaknya hormon ghrelin maka tidak menutup kemungkinan dalam waktu yang singkat berat badan akan mengalami kenaikan.Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh PLOS One 2016 membuktikan bahwa seorang atlet taekwondo yang berhenti melakukan latihan selama 8 minggu mengalami kanaikan lemak 21,3 persen, peningkatan berat badan 2,12 persen dan penurunan massa otot. Jadi, mulailah untuk melakukan olahraga secara rutin dan teratur agar berat badan tidak naik drastis.

Untuk memulai rutinitas berolahraga agar bisa konsisten kamu dapat memulai rutinitas olahraga dengan cara bertahap, jangan langsung ke tingkat berat agar otot terbiasa. Masih bingung gerakan apa saja yang dapat kamu lakukan, agar rutiniatas olahragamu bisa bertahap? Yuk ikutan program Hawa Gym Home Workout. Program ini memungkinkan kamu untuk berolahraga di rumah dengan gerakan yang telah dirancang oleh trainer profesional. Nah tentunya kamu akan mendapat video panduan agar olahraga maksimal, e-book pola makan, sesi konsultasi dengan trainer professional dan dokter pribadi secara gratis, e-book pola makan sehat, diskon merchant dan masih banyak lagi. Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang program ini bisa kunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/.