Hindari Kebiasaan Ini Agar Massa Ototmu Tidak Hilang

Massa otot memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Selain memberi tampilan fisik yang lebih baik, peningkatan massa otot juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh serta mencegah terjadinya penyakit osteoporosis dan sarcopenia. Usia 20 tahun adalah masa dimana kamu mulai kehilangan sekitar 0,7 kg massa otot per tahunnya. Jika kamu kehilangan massa otot, lemak dalam tubuh akan lebih mudah meningkat dan akan lebih mudah lelah dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan massa otot. Nah kebiasaan apa saja sih yang harus kamu hindari agar massa ototmu tidak hilang? Yuk simak informasinya

  1. Hanya Melakukan Kardio

Kardio memang salah satu cara terbaik untuk membakar kalori, namun kardio dapat menjadi penyebab kamu kehilangan massa otot jika dilakukan terlalu sering, terlalu lama, atau dilakukan dalam keadaan perut kosong. Ketika perut dalam keadaan kosong, tubuh tidak mempunyai sumber energi untuk dibakar. Akibatnya, tubuh akan membakar otot untuk dijadikan sumber energi. Selain menjaga asupan kalori dan kardio secukupnya, melakukan angkat beban dapat mencegahmu kehilangan massa otot. Olahraga angkat beban akan menjadi stimulasi bagi tubuh untuk membentuk massa otot. Sisipkan olahraga angkat beban setidaknya 1-2 sesi setiap minggunya untuk mencegah hilangnya massa otot.

2. Tidak Mengisi Perut Setelah Olahraga

Banyak orang yang beranggapan bahwa makan setelah berolahraga akan membuat olahraga menjadi sia-sia. Padahal, mengisi perut setelah kamu berolahraga sama pentingnya dengan mengisi perut sebelum berolahraga. Tubuh  membutuhkan energi dan nutrisi untuk melakukan recovery secepatnya serta memperbaiki otot-otot yang rusak. Jika massa otot yang rusak tidak segera diperbaiki, kamu berisiko akan kehilangan massa otot tersebut. Ingatlah untuk selalu mengisi perut Anda dengan makanan bergizi seperti protein shake, energy bar, atau semangkuk oatmeal.

3. Kurang Istirahat

Tubuhmu membutuhkan waktu untuk membentuk dan memperbaiki otot yang rusak. Masa recovery tubuh terjadi saat kita tidur, khususnya saat kamu memasuki kondisi deep sleep. Pada kondisi ini, tubuh mengeluarkan hormon yang memicu pertumbuhan otot. Tanpa tidur yang cukup, tentunya hormon yang diproduksi pun akan berkurang dan mengakibatkan otot tidak bisa tumbuh secara maksimal. Maka dari itu, di sela-sela aktivitas yang padat, coba untuk mendapatkan tidur setidaknya 7 jam tiap harinya. Selain istirahat fisik, kamu juga butuh mengistirahatkan pikiran. Tubuh dan pikiran yang stress akan memicu produksi hormon cortisol yang dapat menghambat pertumbuhan massa otot dan memicu penimbunan lemak, khususnya di area pinggang.

4. Kurangnya Konsumsi Protein

Banyak orang yang takut mengonsumsi protein karena dianggap dapat membuat tubuh menjadi lebih cepat gemuk. Padahal sebenarnya, tubuh membakar lebih banyak kalori saat mencerna protein dibanding dengan mencerna nutrisi lainnya. Protein juga dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama dan membantu menjaga keberadaan massa otot. Semakin sedikit protein yang kamu konsumsi, kemampuan ototmu untuk memperbaiki ‘diri’-nya setelah workout session pun akan berkurang. Akibatnya, otot akan rusak dan kamu akan kehilangan massa otot.

5. Jadwal Makan Tidak Teratur

Jadwal makan yang tidak teratur sama buruknya dengan tidak makan sama sekali. Ketika perutmu kosong setidaknya selama 3 jam, metabolisme tubuh akan menurun secara signifikan. Karena perut kosong, tubuh akan membakar massa otot sebagai sumber energi. Selain itu, tubuhmu akan memasuki “starvation mode“, yaitu kondisi tubuh merasa harus menyimpan semua kalori yang masuk. Akibatnya, saat kamu makan, sebagian besar makanan yang dikonsumsi akan disimpan sebagai cadangan lemak, bukan sebagai massa otot.

Agar jadwal makanmu teratur dan  program dietmu lebih maksimal kamu juga perlu berolahraga secara teratur untuk meningkatkan kebugaran dan membantumu membakar kalori yang telah kamu makan. Melakukan olahraga juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan massa otot. Kamu bisa memulai rutinitas olahraga untuk menjaga kebugaran dan massa otot dengan olahraga di rumah. Olahraga di rumah akan lebih menyenangkan dengan memiliki panduan video latihan yang telah disusun oleh trainer profesioanal agar olahraga yang kamu lakukan mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu kamu bisa mengikuti program Hawa Gym Home Workout yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan nih. Kamu akan mendapat panduan video latihan, e-book pola makan, gratis konsultasi dengan dokter dan trainer profesional jika mengalami kendala selama latihan, hemat waktu dan bensin, diskon merchant dan masih banyak lagi. Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/ yaa