Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Tubuh

Latihan yoga mencakup olah pernapasan, meditasi, dan menjangkau sejumlah pose yang dirancang untuk menunjang relaksasi. Sejumlah studi membuktikan, kombinasi antara latihan pernapasan, olah fisik, dan mental dalam yoga dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Manfaat yoga yang bisa kamu dapatkan adalah berolahraga fisik namun tidak serta merta harus bergerak dengan intensitas yang tinggi. Kamu bisa melakukan olahraga dengan tenang untuk bantu relaksasi tubuh dan pikiran, melalui yoga. Yoga dapat membantu kamu meningkatkan kekuatan otot dan keseimbangan tubuh, serta melatih kelenturan tulang belakang.  Selain baik untuk tubuh, yoga juga dikenal sebagai olahraga yang dapat mengendalikan stres dan mengurangi rasa mudah gelisah. Untuk tahu info lebih lengkap mengenai manfaat yoga bagi kesehatan tubuh bisa simak informasi berikut :

1.Mengurangi stres

Senam yoga yang hanya dilakukan dalam waktu singkat setiap hari, harus terdiri dari tiga elemen, yaitu pose, pernapasan dan meditasi. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang teratur melakukan ketiga elemen yoga tersebut lebih mampu untuk  mengatur variabilitas denyut jantung (HRV) mereka. Berarti, detak jantung mereka lebih rendah, memberikan tubuh kemampuan untuk merespon stres dengan cara yang lebih fleksibel.

2. Menurunkan berat badan

Tidak perlu melakukan hot yoga atau double bend agar bisa menurunkan berat badan. Gerakan yoga ringan dan mudah yang dilakukan setiap hari akan memicu sistem metabolisme tubuh dan membakar lemak yang mengarah pada penurunan berat badan. Melakukan yoga rutin setiap hari juga dapat membantu mengembalikan keseimbangan hormon dalam tubuh kamu untuk menormalkan berat badanmu.

3. Meningkatkan fleksibilitas, keseimbangan dan kekuatan tubuh

Banyak penelitian membuktikan, manfaat yoga bisa meningkatkan fleksibilitas, keseimbangan, dan kekuatan tubuh. Cukup latihan yoga selama 15-30 menit setiap hari. Lalu amati peningkatan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh yang jadi lebih baik. Sejumlah pose dalam yoga juga dirancang untuk meningkatkan kekuatan otot tertentu. Orang yang sudah rutin latihan yoga umumnya memiliki otot tubuh bagian atas yang lebih kuat.

4. Menyehatkan jantung

Studi menunjukkan, yoga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung sekaligus mengurangi faktor risiko penyakit jantung. Dalam satu studi, orang yang rutin latihan yoga selama lima tahun, tekanan darah dan denyut nadinya lebih rendah ketimbang orang yang tidak beryoga. Seperti diketahui, tekanan darah tinggi adalah penyebab utama penyakit jantung dan stroke. Menurunkan tensi tinggi membantu mengurangi risiko penyakit pembuluh darah. Riset lain membuktikan, kombinasi rutin latihan oga dan menjaga gaya hidup sehat efektif memperlambat perkembangan penyakit jantung.

5. Memperbaiki kualitas pernapasan

Pernapasan dalam yoga atau pranayama dapat melatih fokus pada pengendalian napas. Sebagian besar jenis yoga menggabngkan latihan pernapasan ini. Sehingga, orang yang rutin berlatih yoga jamak merasakan kualitas pernapasannya membaik. Orang yang rutin berlatih yoga kapasitas vital paru-parunya jadi meningkat. Meningkatkan kualitas pernapasan dapat membangun daya tahan, mengoptimalkan kinerja, dan menjaga kesehatan paru-paru serta jantung.

6. Meningkatkan kualitas tidur

Kualitas tidur yang buruk dikaitkan dengan jenis penyakit seperti tekanan darah tinggi, obesitas, dan mengalami depresi. Namun, bila kamu rajin berolahraga yoga secara rutin akan berdampak baik bagi kualitas tidurmu. Sebuah studi yang dilakukan pada 2003 silam, menemukan mereka yang berusia lebih tua yang berlatih yoga memiliki  lebih sedikit gangguan tidur dan juga menghabiskan waktu yang lebih singkat untuk terlelap. Bahkan, mereka lebih cepat terlelap dengan tidak menggunakan obat tidur. Di mana, skor kualitas tidur bagi mereka yang berlatih yoga lebih baik dibanding mereka yang tidak berlatih yoga.

7. Meningkatkan pola makan sehat

Latihan berkesadaran dalam yoga juga dapat merembet pada praktik kehidupan sehari-hari, termasuk saat makan. Orang yang rutin berlatih yoga umumnya lebih peka rasa, bau, dan tekstur, tak terkecuali saat makan. Praktik ini terbukti dapat meningkatkan kebiasaan makan sehat dan mencegah makan berlebihan. Tak pelak, manfaat yoga untuk diet bisa dirasakan orang yang menjalani olahraga ini dengan rutin.

Wah ternyata melakukan yoga memiliki dampak yang positif bagi kesehatan kita karena dapat meningkatkan pola makan sehat dan menjaga kesehatan fisik serta mental. Agar jadwal makanmu teratur dan  program dietmu lebih maksimal kamu juga perlu berolahraga secara teratur untuk meningkatkan kebugaran dan membantumu membakar kalori yang telah kamu makan. Kamu bisa memulai rutinitas olahraga untuk menjaga kebugaran dengan olahraga di rumah. Olahraga di rumah akan lebih menyenangkan dengan memiliki panduan video latihan yang telah disusun oleh trainer profesioanal, agar olahraga yang kamu lakukan mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu kamu bisa mengikuti program Hawa Gym Home Workout yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan nih. Kamu akan mendapat panduan video latihan, e-book pola makan, gratis konsultasi dengan dokter dan trainer profesional jika mengalami kendala selama latihan, hemat waktu dan bensin, diskon merchant dan masih banyak lagi. Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/ yaa