Keberadaan jerawat di wajah memang dapat mengganggu penampilan hingga menurunkan rasa percaya diri. Maka dari itu, perawatan wajah berjerawat tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Salah menerapkan cara merawat wajah berjerawat bisa memperparah kondisi kulit dan membuat jerawat semakin meradang. Yuk, kenali cara untuk melakukan perawatan kulit berjerawat yang tepat :

1. Menjaga kebersihan kulit

Salah satu kunci utama dalam perawatan kulit berjerawat adalah menjaga kebersihan kulit, baik wajah maupun anggota badan lainnya. Kulit yang kotor memang bukan penyebab utama jerawat. Namun, kondisi ini dapat memudahkan bakteri ‘masuk’ ke pori-pori. Akibatnya, bakteri pun menginfeksi kulit dan memicu pertumbuhan jerawat. Kebiasaan yang paling penting dalam menjaga kebersihan kulit yang berjerawat adalah cuci muka yang benar. Hal ini bertujuan agar polusi, debu, kotoran, dan minyak yang menempel di kulit wajah akan hilang. Mencuci muka juga mempersiapkan kulit untuk melanjutkan perawatan lainnya demi mendukung proses regenerasi dan peremajaan kulit. Meski mencuci muka dapat membersihkan kulit, bukan berarti kamu harus melakukannya sering-sering. Terlalu sering mencuci muka justru dapat menghilangkan lapisan minyak alami wajah dan bahkan membuat muka berjerawat.

2. Pilih sabun sesuai jenis kulit

Selain rutin mencuci muka, jangan lupa untuk memilih sabun sesuai jenis kulit kamu sebagai bagian dari perawatan kulit berjerawat. Sebagai contoh, usahakan untuk menghindari penggunaan sabun berbahan kimia yang keras saat berjerawat. Residu bahan kimia tersebut dapat meninggalkan sensasi kering dan kesat berlebih pada kulit setelah digunakan. Hal ini yang nantinya memicu kulit teriritasi .Perlu diingat bahwa ketika memilih sabun pencuci muka pastikan bahwa produk tersebut diformulasikan khusus untuk wajah. Pasalnya, kulit wajah dan kulit badan memiliki ketebalan yang berbeda. Kulit wajah lebih tipis dibandingkan kulit tubuh. Oleh karena itu, produk sabun yang dipakai tentu perlu dibedakan meski sama-sama berjerawat.

3. Memperbaiki pola makan

Tahukah kamu bahwa ternyata ada beberapa jenis makanan penyebab jerawat? Meski tidak berdampak langsung terhadap kulit, makanan tertentu dapat meningkatkan produksi minyak berlebih yang mampu menyumbat pori. Akibatnya, jerawat pun muncul. Sebagai contoh, makanan dan camilan yang dapat meningkatkan kadar gula darah dapat memicu insulin berlebih dalam tubuh. Bila hal ini terjadi, metabolisme mengalami perubahan yang menghambat penyembuhan jerawat. Oleh karena itu pola makan harus diperbaiki agar mencegah jerawat lebih meradang serta meminimalisir tumbuhnya jerawat baru dikemudian hari. Memilki pola makan yang sehat tentunya akan bermanfaat bagi tubuh.

4. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga adalah salah satu cara mengendalikan stres yang secara tidak langsung dapat membantu mengatasi jerawat. Agar gerakan yang dilakukan tepat dan  lebih terstruktur serta terhindar dari cedera akibat gerakan yang kurang sesuai maka sangat penting untuk memilih referensi gerakan olahraga yang benar. Salah satu referensi gerakan yang dapat di ikuti yaitu mengikuti video latihan yang disediakan di program Hawa Gym Home Workout. Program ini cocok dilakukan dirumah karena gerakan yang disediakan mudah diikuti. Selain mendapat video latihan yang telah dirancang oleh trainer profesional agar latihan menjadi maksimal kamu juga akan mendapatkan banyak benefit lain dari mengikuti program Hawa Gym Home Workout seperti, sesi konsultasi dengan trainer professional dan dokter pribadi, e-book pola makan yang sehat, diskon merchant dan masih banyak lagi. Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang program ini bisa kunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/ . Selain itu, keringat yang keluar saat berolahraga juga membuka pori-pori yang memudahkan kotoran dan bakteri terangkat. Meski begitu, kamu disarankan untuk langsung mandi setelah berolahraga untuk agar pakaian kotor dan keringat tidak menyumbat pori-pori.

5. Lindungi kulit dari sinar matahari

Sinar UV matahari adalah salah satu faktor yang dapat memicu peradangan, kemerahan, dan flek hitam pada wajah. Berlama-lama di luar ruangan tanpa perlindugan tabir surya juga dapat memperparah kondisi jerawatmu. Selalu gunakan losion sunscreen SPF 15 atau lebih tinggi dalam jangka waktu minimal 20 menit setiap kali sebelum keluar rumah. Usahakan untuk memilih tabir surya yang mengandung senyawa kimia ringan, seperti avobenzone dan oxybenzone atau dengan label noncomedogenic. Hal ini bertujuan untuk mencegah kemunculan jerawat baru.

6. Pakai obat jerawat yang tepat

Penggunaan obat jerawat merupakan rangkaian perawatan wajah berjerawat yang paling penting. Kamu bisa mengoleskan salep jerawat secara langsung pada area muka berjerawat setelah menggunakan toner. Perawatan wajah berjerawat melalui penggunaan obat tetap membutuhkan waktu untuk bekerja. Penggunaan obat jerawat yang berbeda setiap beberapa hari dapat mengiritasi kulit sehingga menyebabkan munculnya jerawat baru. Jadi, usahakan untuk menggunakan salah satu obat jerawat terlebih dahulu setidaknya selama 4-6 minggu guna mendapatkan hasil yang maksimal.Jika hasilnya menunjukkan tanda-tanda membaik, tetap gunakan obat jerawat tersebut untuk mencegah kemunculan jerawat baru di kemudian hari