Perut yang buncit dan bergelambir menjadi musuh utama semua orang, terutama wanita. Penyebab utama perut buncit yaitu penumpukan lemak di perut, atau biasa disebut lemak viseral. Pada dasarnya, pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat menjadi penyebab penumpukan lemak perut yang berujung pada perut buncit.Meski tampak tidak berbahaya, perut buncit bisa memicu risiko berbagai penyakit yang berbahaya seperti kondisi obesitas dan penyakit jantung. Yuk kenali kebiasaan apa saja yang dapat menyebabkan perut buncit :

1.Makan saat emosi

Kebiasaan makan ketika emosi ternyata bisa menjadi penyebab perut buncit. Makan saat emosi (emotional eating) merupakan kondisi ketika kamu makan selain untuk mengatasi rasa lapar. Kamu mungkin makan karena sedih, depresi, stres, atau kesepian. Makanan dianggap sebagai pengalih perhatian yang mungkin bisa menenangkan emosi atau apa saja yang tengah mengganggu pikiranmu. Sayangnya, kebiasaan ini bisa membuat tubuh mendapatkan asupan kalori lebih banyak dari yang dibutuhkan.Selain itu, emotional eating dapat mengganggu pilihan makanan sehat yang mungkin bisa menyebabkan lemak perut menumpuk dan membuatnya tampak buncit.

2.Mengunyah terlalu cepat

Tahukah kamu bahwa mengunyah terlalu cepat bisa menjadi kebiasaan yang membuat perut buncit dan berisiko obesitas? Hal tersebut dikarenakan orang yang mengunyah atau makan dengan cepat cenderung memiliki berat badan berlebih. Sinyal lapar harus berpindah dari perut dan usus ke otak saat kamu makan. Sementara itu, otak perlu sekitar 20 menit untuk menghentikan keinginan makan. Bila makan terlalu cepat, tubuh akan mengonsumsi lebih banyak makanan dalam 20 menit. Artinya, kebiasaan ini bisa membuat kamu makan berlebihan dan mungkin menyebabkan perut buncit akibat terlambat menerima sinyal rasa kenyang.

3.Makan larut malam

Meski tidur dapat membakar kalori, tubuh tidak akan melakukannya secara optimal ketika kamu beristirahat dalam keadaan perut penuh. Terlambat atau makan larut malam dan berbaring setelahnya bisa memicu GERD dan masalah pencernaan lainnya. Kondisi ini terjadi akibat perubahan gravitasi, sehingga tubuh tidak dapat menarik makanan di perut menuju ke organ pencernaan selanjutnya. Maka itu, telat makan dan berbaring langsung setelah makan termasuk kebiasaan yang membuat perut buncit.

4.Frekuensi olahraga tidak teratur

Olahraga termasuk cara untuk membakar lemak di perut. Namun, gerakan  olahraga yang salah bisa membuat perut buncit tak hilang. Agar gerakan yang dilakukan tepat dan  lebih terstruktur serta terhindar dari cedera akibat gerakan yang kurang sesuai maka sangat penting untuk memilih referensi gerakan olahraga yang benar. Salah satu referensi gerakan yang dapat di ikuti yaitu mengikuti video latihan yang disediakan di program Hawa Gym Home Workout. Program Hawa Gym Home Workout ini juga termasuk dalam olahraga HIIT karena dilakukan dalam waktu singkat dan membantu dalam proses penurusan berat badanmu lho. Program ini cocok dilakukan dirumah karena gerakan yang disediakan mudah diikuti. Selain mendapat video latihan yang telah dirancang oleh trainer profesional agar latihan menjadi maksimal kamu juga akan mendapatkan banyak benefit lain dari mengikuti program Hawa Gym Home Workout seperti, sesi konsultasi dengan trainer professional dan dokter pribadi, e-book pola makan yang sehat, diskon merchant dan masih banyak lagi. Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang program ini bisa kunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/.

Kamu  perlu mengetahui terlebih dahulu berapa ukuran lingkar pinggang untuk mengetahui durasi dan jenis olahraga yang diperlukan. Sebagai contoh, pria atau wanita dengan ukuran pinggang yang melebihi batas normal setidaknya perlu berolahraga selama 150 menit dalam seminggu. Durasi waktu tersebut pun bisa berubah tergantung jenis olahraga yang dilakukan. Tak hanya itu, frekuensi olahraga yang tak teratur bisa menjadi bumerang bagi lemak perutmu.

5.Kurang tidur

Bagi kamu yang sering terjaga di malam hari, entah karena pekerjaan atau memang sulit tidur, sehingga menjadi kurang tidur mungkin perlu berhati-hati. Hal ini dikarenakan kurang tidur bisa menjadi kebiasaan yang membuat perutmu buncit. Bahkan temuan ini telah dibuktikan melalui penelitian dari Journal of clinical sleep medicine. Penelitian tersebut memperlihatkan bahwa durasi tidur yang singkat dapat menambah berat badan. Hal tersebut terjadi akibat adanya kelebihan lemak perut yang bisa menyebabkan perut buncit. Ada kemungkinan bahwa kurang tidur dapat membuat kamu lebih banyak makan yang mungkin berkontribusi terhadap lemak perut.

6.Terlalu sering makan gorengan atau makanan berminyak

Gorengan atau makanan yang digoreng dalam waktu berlebih mengandung kalori, garam, dan lemak yang tinggi. Ketiganya merupakan faktor penyumbang terbesar mengapa perutmu  bisa tampak buncit dan meningkatkan bahaya obesitas. Bagaimana tidak, lemak trans pada gorengan terbentuk ketika minyak nabati diubah secara kimiawi agar tetap padat. Sementara itu, asupan lemak trans yang tinggi bisa menyebabkan penambahan berat badan