Sugar craving adalah salah satu bentuk adiksi atau kecanduan yang terjadi pada otak akibat konsumsi gula secara berlebihan. Banyak orang tidak sadar telah ketagihan makanan manis karena hal ini menyatu dengan pola makan sehari-hari.Kebiasaan makan makanan manis tinggi kalori menjadi masalah besar ketika kamu melakukannya secara berlebihan. Saat kecanduan makanan manis, kamu cenderung makan dalam jumlah banyak atau porsi besar sesaat setelah mencicipi makanan manis. Setiap orang yang mengalami sugar craving memiliki pemicu yang berbeda-beda. Kecanduan membuat seseorang ingin mengonsumsi gula secara terus-menerus.bJika keinginan ini tidak terpenuhi, dampaknya antara lain perubahan perilaku seperti emosi yang kurang stabil, sulit berkonsentrasi, atau hiperaktif. Saat kamu berhenti mengonsumsi gula dalam jangka waktu tertentu, hal ini juga dapat menyebabkan kecemasan, rasa kantuk, dan penurunan semangat. Itu sebabnya kamu sulit berkonsentrasi ketika beraktivitas tanpa sarapan lebih dulu. Konsumsi makanan manis berlebih justru menyebabkan penyimpanan kalori yang tidak kamu  perlukan. Pola makan tinggi gula akhirnya bisa menyebabkan penumpukan lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh. Dalam jangka panjang, hal ini dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes melitus, penyakit jantung, hingga kanker.Menghindari makanan manis memang tidak mudah. Namun, kamu dapat mulai mengatasinya dengan cara berikut.

1. Jauhi pemicu makanan manis

Beberapa hal yang menurunkan mood atau memicu stres bisa menimbulkan keinginan untuk makan makanan manis.Tanpa sadar, mungkin stres yang membuat kamu sulit berhenti mengonsumsi camilan tinggi gula. Jika kamu mengalami masalah yang sama, cobalah hindari sumber stres sejenak dan lakukan kegiatan yang dapat mengalihkan pikiranmu. Selain mengurangi stres, cara ini mungkin bisa meredakan sugar craving.

2. Jalani pola makan sehat

Kebiasaan ngemil makanan olahan tinggi gula dan kalori justru tidak membuat kamu kenyang. Agar kamu bisa kenyang lebih lama, perbanyaklah asupan makanan mengandung protein seperti dada ayam, kacang-kacangan, dan produk susu. Rasa lapar palsu juga dapat muncul ketika gula darah menurun. Kamu dapat mencegah penurunan gula darah berlebih dengan mengonsumsi camilan sehat kaya serat, seperti gandum utuh, buah, dan sayuran setiap 2 – 4 jam setelah waktu makan.

3. Rutin Betolahraga

Konsumsi makanan tinggi gula memicu produksi endorfin secara instan dalam otak. Begitu kadar endorfin dalam tubuh menurun, terjadilah sugar craving. Namun, kamu sebenarnya dapat menyiasati ini dengan berolahraga. Aktivitas fisik, bahkan yang ringan seperti berjalan kaki, dapat memicu pelepasan endorfin. Inilah mengapa kamu merasa bahagia usai berolahraga. Selain itu, olahraga juga membantu mengalihkan pikiran dari keinginan makan manis. Saat masa pandemi seperti ini olahraga di rumah lebih baik untuk dilakukan karena intensitas bertemu orang lain menjadi lebih sedikit. Tapi bagi kamu yang tetap memiliki waktu luang untuk datang ke pusat kebugaran juga bisa tetap berolahraga dengan memperhatikan protokol kesehatan yang diterapkan. Olahrag di rumah akan lebih menyenangkan dengan memiliki panduan video latihan yang telah disusun oleh trainer profesioanal agar olahraga yang kamu lakukan mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu kamu bisa mengikuti program Hawa Gym Home Workout yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan nih. Kamu akan mendapat panduan video latihan, e-book pola makan, gratis konsultasi dengan dokter dan trainer profesional jika mengalami kendala selama latihan, hemat waktu dan bensin, diskon merchant dan masih banyak lagi. Untuk info lebih lanjut kamu bisa mengunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/ yaa

4. Menghindari pemanis buatan dan gula tambahan

Sugar craving tidak hanya terkait konsumsi makanan manis, tapi juga makanan yang mengandung pemanis buatan dan gula tambahan. Ternyata ada banyak produk makanan dan minuman yang mengandung gula tersembunyi. Jadi, selalu cermati label kemasan produk makanan dan minuman yang hendak kamu  konsumsi. Sebisa mungkin, pilihlah produk dengan kandungan pemanis tambahan yang paling sedikit.

Sugar craving merupakan fenomena yang wajar. Akan tetapi, hal ini menjadi masalah bila kamu mulai mengonsumsi gula secara berlebihan. Jadikan pola makanmu lebih sehat dengan membatasi makanan manis, tinggi gula, dan tinggi kalori.