Latihan jumping jack merupakan bagian dari yang disebut plyometrics, atau latihan lompat. Plyometrics adalah kombinasi dari latihan aerobik dan latihan ketahanan. Jenis latihan ini dapat melatih jantung, paru-paru, dan otot secara bersamaan. Secara khusus, jumping jack dapat bekerja untuk bokong, paha depan dan fleksor pinggul serta melibatkan otot perut. Latihan plyometric, seperti jumping jack, dimaksudkan untuk membantu orang berlari lebih cepat dan melompat lebih tinggi. Karena plyometrics bekerja dengan meregangkan otot secara cepat (fase eksentrik) dan kemudian memendekkannya dengan cepat (fase konsentris). Nah agar lebih semangat melakukan jumping jack yuk kenali manfaatnya bagi kesehatan tubuh :

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Jumping jack adalah latihan kardio aerobik, artinya menggunakan oksigen untuk memenuhi kebutuhan energi dan menstimulasi otot jantung. Jantung harus bekerja ekstra keras untuk memompa cukup darah beroksigen dan juga membawa kembali darah yang mengandung karbon dioksida dari sel. Pada gilirannya, latihan ini dapat membantu melatih otot jantung dan organ lain seperti paru-paru. Oleh karena itu, jika melaukan latihan ini secara rutin dapat menjaga kesehatan jantungmu.

2. Menurunkan berat badan

Latihan kardio ini juga dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Jumping jack dapat membantu membakar kalori berlebih, sehingga menciptakan keseimbangan energi negatif dalam tubuh. Artinya, kamu telah mengeluarkan lebih banyak energi daripada jumlah kalori yang dikonsumsi. Inilah kunci utama dalam proses utama penurunan berat badan. Lakukan 3 set dengan 50 repetisi, dan kamu akan merasakan jantung berdebar kencang dan keringat yang keluar juga akan lebih banyak.

3. Meningkatkan fleksibilitas

Jumping jack juga membantu meningkatkan fleksibilitas tubuhmu. Seperti yang diketahui, saat beranjak dewasa kelenturan tubuh akan semakin berkurang. Salah satu cara untuk menjaganya adalah rajin berolahraga. Kamu bisa mencoba latihan jumping jack selama 10 kali untuk awalan. Mungkin hal ini akan sulit, tetapi semakin sering melakukan jumping jack fleksibilitas tubuh akan semakin membaik. Tapi perlu di ingat, jika ingin melakukan latihan ini pastikan posisi kaki dan tangan dengan benar agar tidak mengalami cedera.

4.Melatih kekuatan seluruh otot tubuh

Jumping jack termasuk total body workout atau olahraga yang mengharuskan kamu  untuk menggerakan seluruh bagian tubuh. Untuk melakukan gerakan ini juga, kamu sangat membutuhkan kecepatan dan kekuatan yang bermanfaat bagi kebugaran otot. Gerakan ini juga memadukan elemen latihan kardiovaskular dan latihan kekuatan. Saat melompat, tubuhmu bergerak melawan gravitasi dan menggunakan beban tubuh untuk melakukan perlawanan. Hal ini tentunya dapat meningkatkan kekuatan.

5. Memperkuat tulang

Latihan melompat juga bermanfaat bagi kesehatan tulangmu. Rutin melakukan gerakan jumping jack utamanya bisa memperkuat tulang bagian kaki dan punggung bawah. Selain meningkatkan kekuatannya, gerakan ini juga bisa meningkatkan kepadatan tulang. Hal ini tentunya dapat mencegah risiko tulang rapuh dan patah apabila kepadatan tulangmj terus terjaga. Khususnya pada wanita yang lebih rentan, kondisi ini juga mengurangi risiko terjadinya osteoporosis pada kemudian hari.

Jika kamu sudah lama atau baru pertama kali mencoba melakukan gerakan ini, penting untuk mengetahui cara melakukan gerakan jumping jack dengan benar seperti berikut ini.

  • Posisi awal tubuh berdiri tegak dengan kedua telapak kaki menyatu dan lengan ke samping tubuh.
  • Lompat dan rentangkan kaki selebar baru. Sementara itu, rentangkan juga kedua tangan ke atas kepala seperti hampir bertepuk tangan.
  • Lompat lagi lalu kembalikan posisi kaki dan lengan ke posisi awal. Lakukan setidaknya dalam 2 set dengan 10 kali pengulangan atau lebih.

Secara keseluruhan, jumping jack dapat memberi manfaat kesehatan bagi tubuh. Kamu dapat dengan mudah menguasai dan mengombinasikan gerakan ini dengan olahraga lain agar manfaat yang dirasakan lebih optimal. Agar gerakan yang dilakukan tepat dan  lebih terstruktur serta terhindar dari cedera akibat gerakan yang kurang sesuai maka sangat penting untuk memilih referensi gerakan olahraga yang benar. Salah satu referensi gerakan yang dapat di ikuti yaitu mengikuti video latihan yang disediakan di program Hawa Gym Home Workout. Program Hawa Gym Home Workout ini juga termasuk dalam olahraga HIIT karena dilakukan dalam waktu singkat dan membantu dalam proses penurusan berat badanmu lho. Program ini cocok dilakukan dirumah karena gerakan yang disediakan mudah diikuti. Selain mendapat video latihan yang telah dirancang oleh trainer profesional agar latihan menjadi maksimal kamu juga akan mendapatkan banyak benefit lain dari mengikuti program Hawa Gym Home Workout seperti, sesi konsultasi dengan trainer professional dan dokter pribadi, e-book pola makan yang sehat, diskon merchant dan masih banyak lagi. Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang program ini bisa kunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/.