Berbagai gangguan tidur, salah satunya insomnia, dapat menyebabkan kamu kurang tidur. Jika terjadi terus-menerus, kondisi ini dapat mengganggu produktivitasmu sehari-hari. Tak hanya itu, kurang tidur juga dapat memberikan pengaruh buruk terhadap kesehatanmu secara menyeluruh seperti: susah untuk berkonsentrasi dalam waktu lama, ingatan memburuk, obesitas atau berat badan berlebih, kekurangan sistem imun tubuh dan lain sebagianya. Demi menghindari berbagai efek samping yang tak kamu inginkan, yuk cari tahu cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kurang tidur :

1. Memperbaiki kebiasaan sebelum tidur

Aktivitas yang kamu lakukan sebelum tidur tentunya memberi pengaruh terhadap kualitas tidur. Bahkan, bisa jadi membuat kamu tidak tidur semalaman. Untuk itu, kamu perlu memperbaiki kebiasaan sebelum tidur. Tujuannya, agar kamu bisa lebih cepat tidur dan terlelap sepanjang malam. Dengan begitu, kamu tidak akan mudah terbangun tengah malam dan bisa kembali segar saat bangun keesokan paginya. Untuk mengatasi kurang tidur, kamu bisa memperbaiki kebiasaan sebelum tidur dengan melakukan beberapa hal berikut:

  • Mematikan gadget atau alat elektronik kurang lebih 30 menit sebelum tidur.
  • Memastikan suhu ruangan sudah nyaman untuk kamu tidur sepanjang malam.
  • Mematikan semua lampu tak terkecuali, tetapi kamu boleh saja menggunakan lampu tidur.
  • Melakukan teknik relaksasi seperti peregangan atau meditasi sebelum tidur.

Dengan melakukan kebiasaan-kebiasan tersebut, kamu bisa memperbaiki pola tidur dan mengatasi masalah kurang tidur yang mengganggu.

2. Mengganti waktu tidur yang hilang

Melakukan perubahan pada kebiasaan tidur ternyata belum cukup untuk membantu mengatasi kurang tidur. kamu juga perlu mengganti waktu tidur yang hilang selama tidak bisa tidur. Oleh sebab itu, setiap ada waktu luang, upayakan untuk tidur meski hanya sebentar. Contohnya, saat akhir pekan, saat liburan, atau sekadar tidur siang di sela jam kerja juga dapat membantumu membayar hutang tidur. Namun ingat, saat membayar hutang tidur ini, hindari tidur terlalu lama. Pasalnya, terlalu banyak tidur tak sesuai waktu tidurmu biasanya dapat mengubah jam biologis. Akhirnya, pada malam hari saat seharusnya tidur, kamu malah tak mengantuk sama sekali.

3. Memprioritaskan tidur

Kurang tidur juga bisa terjadi karena kamu terlalu cuek dengan jam tidur. Artinya, saat sudah memasuki waktu tidur dan mulai mengantuk, kamu masih sibuk melakukan aktivitas lain. Oleh sebab itu, salah satu cara mengatasi kurang tidur adalah mulai memprioritaskan waktu beristirahat pada malam hari ini. Kamu  bisa memulainya dengan tidur setiap hari pada jam yang sama. Tak hanya itu, kamu juga perlu memahami batasan dalam bekerja maupun berkehidupan sosial. Kedua hal ini biasanya menjadi faktor penyebab kamu mengalami kurang tidur.

4. Melakukan olahraga secara rutin

Sebuah penelitian pada Sleep Medicine Reviews tahun 2015 lalu menyatakan bahwa olahraga dapat meningkatkan waktu tidur pada malam hari. Setidaknya, kamu perlu berolahraga selama 150 menit setiap minggu. Ini artinya, kamu bisa membagi waktu olahraga ini sebanyak 30 menit setiap hari selama lima hari dalam satu minggu. Agar olahragamu dapat terjadwal secara rutin kamu bisa mengikuti video latihan yang disediakan di program Hawa Gym Home Workout. Program ini cocok dilakukan dirumah karena gerakan yang disediakan mudah diikuti. Selain mendapat video latihan yang telah dirancang oleh trainer profesional agar latihan menjadi maksimal kamu juga akan mendapatkan banyak benefit lain dari mengikuti program Hawa Gym Home Workout seperti, sesi konsultasi dengan trainer professional dan dokter pribadi, e-book pola makan yang sehat, diskon merchant dan masih banyak lagi. Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang program ini bisa kunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/.

Akan tetapi, kamu juga tetap perlu memerhatikan waktu berolahraga. Untuk mengatasi kurang tidur, hindari berolahraga terlalu dekat dengan jam tidurmu. Sebaiknya, kamu sudah berhenti olahraga dua jam sebelum tidur. Pasalnya, olahraga terlalu malam atau dekat dengan jam tidur dapat membuat kamu semakin terjaga.

5. Mengubah suasana kamar tidur

Bisa jadi, penataan kamar tidur memiliki pengaruh terhadap kualitas tidurmu. Untuk itu, cobalah untuk mengubah desain dalam kamar memiliki suasana yang menenangkan. Kamu  juga perlu memerhatikan kasur dan bantal karena kedua hal ini akan sangat berpengaruh terhadap tidur. Semakin terasa nyaman, akan semakin nyenyak pula tidurmu. Agar berbagai hal yang berpotensi mengganggu kualitas tidur berkurang, kamu juga perlu membuat suasana kamar sunyi dan gelap. Kedua hal ini dapat membantumu lebih cepat merasa ngantuk dan akhirnya tertidur.