Zumba dan senam aerobik sama-sama dilakukan dengan iringan musik. Kedua olahraga ini juga ampuh membakar lemak. Meski demikian, kedua jenis senam ini memiliki perbedaan dalam beberapa hal. Meski mirip, zumba dan senam aerobik bisa dibedakan dari berbagai aspek. Misalnya saja, jumlah kalori yang dibakar, musik dan pola gerakan yang digunakan, serta bagian tubuh yang terlatih. Yuk simak penjelasan lebih lengkap mengenai perbedaan zumba dan senam aerobik :

1. Musik dan tempo yang digunakan

Senam aerobik umumnya dimulai dengan pemanasan, lalu dilanjutkan dengan gerakan yang lebih intens untuk meningkatkan denyut jantung. Musik yang digunakan biasanya bertempo agak cepat dan selalu konstan sepanjang senam. Sementara zumba menggunakan musik Latin yang memacu energi. Tempo musik terkadang berubah-ubah sehingga gerakannya pun menjadi bervariasi.

2. Kalori yang dibakar

Rata-rata, kamu dapat membakar hingga 498 kalori dengan melakukan senam aerobik selama satu jam. Jumlah ini dapat bertambah besar, tergantung intensitas senam aerobik dan berat badanmu. Tak jauh berbeda dengan senam aerobik, zumba dalam durasi yang sama dapat membakar hingga 360-532 kalori. Kamu  bisa meningkatkan jumlah kalori yang dibakar dengan lebih sering melakukan zumba serta memperluas jangkauan tangan dan kaki.

3. Kategori olahraga

Meski memiliki perbedaan, zumba dan senam aerobik sebenarnya sama-sama berasal dari kategori olahraga kardio. Olahraga ini bertujuan melatih jantung untuk mengedarkan darah kaya oksigen ke seluruh tubuh dengan lebih efektif. Bedanya, zumba juga memiliki variasi gerakan lain yang tidak termasuk dalam kategori olahraga kardio. Variasi gerakan zumba biasanya tergolong dalam olahraga ketahanan (resistance). Selain bermanfaat untuk melatih jantung, zumba juga memperkuat otot.

4. Otot tubuh yang terlatih

Senam aerobik dan zumba sama-sama melatih banyak otot tubuh dalam waktu bersamaan, tapi ada perbedaan pada otot yang dilatih ketika kamu melakukan kedua olahraga ini. Senam aerobik akan melatih otot lengan, pundak, kaki, sendi, serta perut. Sementara itu, fokus utama zumba adalah melatih otot inti tubuh, kaki, serta bokong. Tidak hanya melatih, olahraga terbaik untuk membakar lemak ini juga dapat meningkatkan kelenturan dan kekuatan otot-otot tersebut.

5. Jenis gerakan yang digunakan

Perbedaan lain dari kedua olahraga ini ada pada set gerakan yang digunakan. Senam aerobik lebih banyak menggunakan gerakan-gerakan atletik yang dilakukan berulang kali. Hal ini bertujuan untuk membakar kalori dalam jumlah besar. Gerakan zumba banyak mendapat pengaruh dari gaya tarian Latin. Langkah-langkah yang digunakan cukup sederhana, tapi Anda akan lebih sering melakukan gerakan dengan pinggul sehingga seluruh tubuh Anda ikut bergerak.

Zumba dan senam aerobik merupakan olahraga andalan untuk membakar lemak dengan cara yang menyenangkan. Dengan mengetahui perbedaan dua jenis olahraga ini akan membantumu dalam memilih jenis olahraga yang paling sesuai dengan kebutuhan. Meski demikian, kamu pun bisa melakukan keduanya secara bergantian untuk memperoleh manfaat optimal. Namun kamu juga harus memperhatikan durasi sat melakukan zumba atau senam aerobik agar tidak menyebabkan beberapa kondisi, seperti kelelahan, gangguan tidur, dan jantung berdebar saat istirahat. Untuk itu penting untuk mengimbangi zumba dan senam aerobik dengan olahraga lainnya. Selain melakukan olahraga, pola makan juga harus dijaga agar penurunan berat badan lebih signifikan. Nah bagi kamu yang ingin mendapat e-book pola makan untuk diet dan video panduan olahraga yang dapat memaksimalkan latihan, bisa mengikuti program Hawa Gym Home Workout karena dengan mengikuti program ini kamu akan mendapat banyak manfaat untuk membantumu dalam program penurunan berat badan meskipun dengan olahraga di rumah saja. Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/