Meskipun berat badanmu sudah turun setelah diet, perjalanan kamu belum selesai. Hilangnya massa lemak selama diet dapat membuat kulit dan badan menjadi bergelambir. Tidak ada cara mudah untuk mengembalikan kondisi kulit yang kendur seperti semula. Sampai saat ini, tidak ada krim pengencang kulit, obat minum, korset, ataupun kain “ajaib” yang dililit di perut yang bisa secara cepat mengencangkan kulit. Meski begitu, berbagai cara berikut mungkin dapat membantu mu untuk mengatasi kulit bergelambir akibat turun berat badan setelah diet :

1. Minum air putih yang cukup

Kebiasaan minum air memang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk kulit. Apabila lapisan terluar kulit kekurangan air, kulit akan menjadi kering, kasar, dan sulit memulihkan diri karena kehilangan kelenturannya. Maka dari itu, cukupi kebutuhan cairanmu dengan mengonsumsi minimum dua liter air setiap hari. Minum air putih yang cukup tidak hanya membuat kulit lembap, tapi juga kencang, halus, dan lebih bercahaya.

2. Berolahraga untuk membentuk otot

Cara terbaik untuk mengencangkan tubuh setelah diet yakni dengan berolahraga. Diet dapat mengurangi massa otot sehingga badan tampak kendur. Dengan berolahraga, kamu bisa membentuk otot untuk mengisi kulit yang kendur setelah kehilangan lemak. Otot yang terbentuk akan menciptakan tampilan fisik yang lebih sehat, bukannya “kurus tapi gemuk” atau skinny fat. Guna mencapai tujuan ini, lakukan olahraga kekuatan otot seperti sit up, crunches, dan squat selama 30 menit setiap hari. Melakukan olahraga juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan massa otot. Kamu bisa memulai rutinitas olahraga untuk menjaga kebugaran dan massa otot dengan olahraga di rumah. Olahraga di rumah akan lebih menyenangkan dengan memiliki panduan video latihan yang telah disusun oleh trainer profesioanal agar olahraga yang kamu lakukan mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu kamu bisa mengikuti program Hawa Gym Home Workout yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan nih. Kamu akan mendapat panduan video latihan, e-book pola makan, gratis konsultasi dengan dokter dan trainer profesional jika mengalami kendala selama latihan, hemat waktu dan bensin, diskon merchant dan masih banyak lagi. Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/  yaa.

3. Mengonsumsi zat gizi penting

Lapisan terdalam kulitmu  terdiri dari protein, termasuk kolagen dan elastin. Kolagen berperan penting dalam memelihara struktur, tekstur, dan kekuatan kulit. Sementara itu, elastis menjaga kulit agar tetap kencang dan lentur. Kamu  dapat mengencangkan tubuh setelah diet dengan cara mengonsumsi makanan sumber kolagen. Namun, jangan lupakan komponen lain yang meningkatkan kolagen dalam tubuh, khususnya vitamin C, asam lemak omega-3, dan air.

4. Melembapkan kulit

Kulit yang kering biasanya tampak lebih kendur. Untuk mengatasinya, pakailah produk pelembap yang mengandung vitamin E. Selain menjaga kelembapan kulit, kandungan vitamin E pada produk ini juga mendukung pertumbuhan sel kulit baru. Jika kamu  lebih menyukai bahan-bahan alami, kamu  pun bisa menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun. Oleskan beberapa tetes minyak pada bagian kulit yang tampak kendur. Kandungan vitaminnya akan bekerja seperti produk pelembap.

5. Mengonsumsi buah dan sayuran

Setelah mendapatkan berat badan ideal, bukan berarti kamu  melupakan kebiasaan diet dengan mudah. Tetap jaga pola makan dengan banyak mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral. Cara ini akan membantumu  mengencangkan tubuh dari dalam, khususnya setelah Anda menjalani diet ketat. Selain itu, konsumsi buah dan sayur juga membantu kamu menjaga berat badan agar stabil.

6. Melakukan perawatan kulit di dokter

Apabila kulit yang kendur dan bergelambir hanya tampak pada beberapa bagian tubuh, kamu bisa berkonsultasi kepada dokter kulit. Dokter kulit mungkin dapat menawarkan beberapa perawatan untuk mengencangkan kulit secara permanen. Jenis perawatan akan disesuaikan dengan kondisi kulit dan hasil yang kamu harapkan. Dokter mungkin akan menggunakan perangkat pengencang kulit yang menggunakan energi frekuensi inframerah atau ultrasound untuk memperbaiki masalah kulitmu.