Tubuh membutuhkan asupan vitamin dan mineral untuk dapat bekerja sebagaimana mestinya dan juga menjaga daya tahan tubuh. Sayangnya, banyak orang yang belum memahami pentingnya memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin untuk kesehatan tubuh.

Vitamin dan mineral adalah zat gizi yang masuk ke kategori mikronutrien. Tubuh memerlukan kadar vitamin dan mineral dalam jumlah yang tidak terlalu besar. Keduanya tentu merupakan nutrisi penting karena keduanya saling berhubungan dalam melakukan berbagai peran dalam tubuh.Meski hanya butuh sedikit, penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral bersamaan.

1. Memproduksi sel-sel baru

Kelompok vitamin B terbukti membantu memperbanyak sel dengan cara menghasilkan DNA baru pada tubuh. Sementara itu, zinc membantu memproduksi sel-sel baru. Dengan cara kerja ini, vitamin dan mineral akan membantu regenerasi sel. Selain itu, vitamin C membantu memproduksi kolagen. Kolagen ini berperan penting untuk menghasilkan fibroblas atau sel-sel otot, kulit, dan organ tubuh.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Zinc bisa meningkatkan kesehatan kulit dan memperbaiki lapisan membran, mempercepat pembekuan darah, dan membantu pembentukan lapisan jaringan tubuh. Melansir jurnal Current Chemical Biology, mineral tembaga juga membantu luka agar cepat sembuh. Tembaga meningkatkan kadar kolagen dan elastin agar membentuk sel fibroblas baru. Selain itu, vitamin C dan K memulihkan luka dengan cara meningkatkan kolagen serta membekukan luka.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Beberapa vitamin dan mineral yang berperan penting menjaga kekebalan tubuh adalah vitamin A, C, D, E, zat besi, dan zinc, berikut fungsinya.

Zat besi: membantu menjaga komponen enzim penting pada sistem imun.

Vitamin A: mencegah dari infeksi pada permukaan tubuh.

Vitamin C: memproduksi sel darah putih dan pembentukan antibodi.

Zinc: mempercepat penyembuhan luka sehingga tidak rentan terkena infeksi.

Vitamin D: merusak protein virus dan bakteri jahat.

Vitamin E: bekerja sebagai antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan radikal bebas.

4. Menyusun dan memperkuat tulang

Kalsium, magnesium, fosfor, dan vitamin D adalah vitamin dan mineral utama untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin D membantu penyerapan kalsium pada usus.Sementara itu, vitamin K membantu menjaga tulang agar tetap padat dan tidak mudah patah. Kalsium, magnesium, dan fosfor berperan penting untuk menjaga kepadatan tulang. Efeknya, tulang pun lebih kuat dan risiko patah tulang dan osteoporosis berkurang. Kalium juga berperan penting untuk kesehatan tulang. Bila kadar kalium rendah, hal ini membuat jumlah kalsium di dalam tubuh ikut berkurang.

5. Menjaga metabolisme tubuh

Seluruh jenis vitamin B berperan dalam menjaga metabolisme energi. Multivitamin B bekerja mengatur enzim yang berperan dalam penggunaan dan penyimpanan energi. Mineral, seperti mangan dan yodium, membantu memetabolisme karbohidrat dan kolesterol agar bisa digunakan atau disimpan di dalam tubuh. Mineral pada tubuh juga penting untuk membangkitkan energi pada tubuh.

Selain menambahkan vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan tubuhmu, menambahkan rutinitas berolahraga juga akan membantumu mendapatkan kebugaran. Kamu bisa memulai rutinitas olahraga untuk menjaga kebugaran dan massa otot dengan olahraga di rumah. Olahraga di rumah akan lebih menyenangkan dengan memiliki panduan video latihan yang telah disusun oleh trainer profesioanal agar olahraga yang kamu lakukan mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu kamu bisa mengikuti program Hawa Gym Home Workout yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan nih. Kamu akan mendapat panduan video latihan, e-book pola makan, gratis konsultasi dengan dokter dan trainer profesional jika mengalami kendala selama latihan, hemat waktu dan bensin, diskon merchant dan masih banyak lagi. Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/  yaa.