Hipoglikemia terjadi bila kadar gula (glukosa) darah menurun hingga lebih rendah dari rentang normal. Jika hipoglikemia cukup berat, kondisi ini bisa menimbulkan komplikasi yang berbahaya hingga kematian. Inilah pentingnya upaya pencegahan hipoglikemia, terutama bagi para pasien diabetes dengan kadar gula darah yang mudah berubah. Aktivitas fisik berat yang tidak berimbang dengan asupan makan juga bisa memperburuk kondisi hipoglikemia. Gejala hipoglikemia yang paling umum yaitu badan gemetar, jantung berdebar, pusing, berkeringat, dan linglung. Jika kamu membiarkannya tanpa penanganan, hipoglikemia dapat menyebabkan kejang, pingsan, hingga koma. Sebelum hipoglikemia bertambah parah, berikut berbagai cara yang bisa kamu  lakukan untuk mencegah kondisi ini.

1.Cek gula darah secara rutin

Kamu mungkin perlu mengecek gula darah beberapa kali dalam sehari atau seminggu, tergantung pengobatan diabetes yang kamu jalani. Langkah ini bertujuan agar pasien diabetes bisa menjaga gula darahnya tetap dalam rentang yang sesuai anjuran dokter. Pasien diabetes dapat mengecek gula darah secara rutin dengan glukometer. Namun, jika kamu mengalami hipoglikemia yang berat atau sering kambuh, tersedia pula alat pengukur gula darah yang dapat digunakan sepanjang waktu.

2.Jangan melewatkan waktu makan

Waktu makan merupakan hal penting dalam upaya pencegahan hipoglikemia. Bila kamu memakai insulin atau obat diabetes secara rutin, kamu harus disiplin sarapan, makan siang, dan makan malam sesuai jadwal. Bila perlu, pasanglah alarm sebagai pengingat supaya kamu tidak melewatkan waktu makan.Di samping itu, kamu juga sebaiknya mengatur jenis makanan yang dikonsumsi. Pastikan telah memenuhi kebutuhan gizi harian, terutama jumlah asupan karbohidrat guna menjaga kadar gula darah tetap dalam batas normal.

3.Selalu sediakan makanan ringan

Pengidap diabetes kadang tidak menyadari dirinya mengalami hipoglikemia, apalagi jika sedang beraktivitas di luar rumah. Karena itulah, kamu sebaiknya membawa camilan untuk diabetes setiap kali bepergian. Camilan juga berfungsi untuk mencegah gula darah turun di antara waktu makan berat. Bawalah camilan sehat yang tidak hanya bisa menaikkan gula darah saat dibutuhkan, tapi juga kaya akan zat gizi.

4. Minum obat sesuai anjuran dokter

Kamu harus mengonsumsi obat tepat waktu sesuai anjuran dokter sebab beberapa obat diabetes memiliki efek menurunkan gula darah. Konsumsi obat seperti ini dengan dosis atau waktu yang tidak sesuai bisa saja menyebabkan hipoglikemia. Sebagai upaya pencegahan hipoglikemia, kamu sebaiknya juga menyimpan obat dalam kotak khusus agar bisa membawanya saat bepergian.

5. Makan sebelum berolaharag

Untuk mencegah gula darah rendah ketika berolahraga, pastikan kamu sudah mengisi perut paling tidak dua jam sebelumnya. Asupan makanan yang tepat akan memberikanmu energi yang cukup selama beraktivitas fisik. Utamakan mengonsumsi makanan sumber karbohidrat kompleks dan kurangi makanan ataupun camilan yang tinggi lemak. Pasalnya, tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna makanan berlemak.

6. Jangan berolahraga secara berlebihan

Olahraga sangat bermanfaat bagi pasien diabetes. Menurut sejumlah penelitian dalam laman Harvard Health Publishing, aktivitas fisik membantu kerja hormon insulin dalam menurunkan gula darah serta mencegah berbagai komplikasi diabetes. Namun, olahraga yang berlebihan bisa menurunkan gula darah secara drastis sehingga berbahaya bagi pasien diabetes. Jadi, pilihlah olahraga yang aman untuk diabetes serta periksalah gula darahmu sebelum dan sesudah berolahraga. Agar gerakan yang dilakukan tepat dan  lebih terstruktur serta terhindar dari cedera akibat gerakan yang kurang sesuai maka sangat penting untuk memilih referensi gerakan olahraga yang benar. Salah satu referensi gerakan yang dapat di ikuti yaitu mengikuti video latihan yang disediakan di program Hawa Gym Home Workout. Program ini cocok dilakukan dirumah karena gerakan yang disediakan mudah diikuti. Selain mendapat video latihan yang telah dirancang oleh trainer profesional agar latihan menjadi maksimal kamu juga akan mendapatkan banyak benefit lain dari mengikuti program Hawa Gym Home Workout seperti, sesi konsultasi dengan trainer professional dan dokter pribadi, e-book pola makan yang sehat, diskon merchant dan masih banyak lagi. Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang program ini bisa kunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/ .