Afterburn adalah kalori yang terus dibakar setelah kamu berhenti berolahraga. Pasalnya, tubuh tak hanya membakar kalori saat kamu sedang berolahraga saja bahkan setelahnya. Cara ini dilakukan tubuh bukan tanpa tujuan. Saat berolahraga, tubuh membakar banyak sekali kalori. Nah, supaya tidak “kaget” karena tiba-tiba berhenti, tubuh akan terus membakar kalori setelah kamu selesai berolahraga. Sisa pembakaran ini juga dilakukan untuk mendinginkan kembali suhu tubuh dan mengatasi perubahan hormon setelah berolahraga. Dalam istilah ilmiah, afterburn effect disebut juga dengan excess post-exercise oxygen consumption (EPOC). Mudahnya, EPOC adalah jumlah oksigen yang dibutuhkan untuk mengembalikan tubuh dalam keadaan istirahat. Saat kamu beristirahat pascaolahraga, tubuh akan mengalami beberapa fase, yaitu:

  • Mengembalikan kadar oksigen
  • Menghilangkan asam laktat
  • Memperbaiki otot dan mengembalikan level ATP (molekul yang memberikan energi pada tubuh untuk aktivitas seperti olahraga)

Dikutip dari Healthline, penelitian menunjukkan bahwa kadar EPOC tertinggi muncul setelah latihan. Kondisi ini akan terus berlanjut untuk periode waktu yang cukup lama yaitu sekitar 38 jam. Penelitian juga menunjukkan fakta bahwa semakin intens latihan, maka akan semakin banyak kalori yang dibakar setelahnya untuk mengembalikan kondisi tubuh ke keadaan istirahat. Kendati demikian, sulit memperkirakan jumlah pasti kalori yang dihasilkan dari afterburn karena reaksi tiap orang terhadap latihan intensitas tinggi berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh faktor kebugaran, jenis kelamin, usia, durasi, dan intensitas latihan. Olahraga intensitas tinggi atau high intensity interval training (HIIT) adalah olahraga yang bisa merangsang EPOC yang lebih tinggi karena Anda menggunakan lebih banyak oksigen dalam prosesnya. Oleh karena itu, dibutuhkan oksigen yang cukup besar pula untuk digantikan setelah berolahraga.

Anda bisa melakukan olahraga intensitas jenis apapun sesuai keinginan dan kemampuan. Lakukanlah olahraga ini selama 25 menit agar pembakaran kalori setelah olahraga bisa maksimal.

Olahraga HIIT kardio lebih baik dilakukan dengan gerakan yang tepat agar lebih terstruktur dan terhindar dari cedera akibat gerakan yang kurang sesuai. Salah satu referensi gerakan yang dapat di ikuti yaitu mengikuti video latihan yang disediakan di program Hawa Gym Home Workout. Program Hawa Gym Home Workout ini juga termasuk dalam olahraga HIIT karena dilakukan dalam waktu singkat dan membantu dalam proses penurusan berat badanmu lho. Program ini cocok dilakukan dirumah karena gerakan yang disediakan mudah diikuti. Selain mendapat video latihan yang telah dirancang oleh trainer profesional agar latihan menjadi maksimal kamu juga akan mendapatkan banyak benefit lain dari mengikuti program Hawa Gym Home Workout seperti, sesi konsultasi dengan trainer professional dan dokter pribadi, e-book pola makan yang sehat, diskon merchant dan masih banyak lagi.