Tahukah kamu menghabiskan waktu untuk diri sendiri alias me time ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan? Masalah yang kamu hadapi sehari-hari dapat menimbulkan beban tersendiri bagi kondisi mental, dan “me time” adalah waktu yang tepat untuk mengistirahatkan pikiranmu. Meskipun manusia merupakan makhluk sosial yang perlu berinteraksi dengan orang lain, ada kalanya seseorang butuh waktu untuk sendiri. Waktu bersama diri sendiri sebenarnya tidak kalah penting. Menghabiskan waktu sendirian dengan pikiran yang tenang justru memberikan sejumlah manfaat. Berikut adalah manfaat me time yang bisa kamu rasakan.

1. Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas

Kehidupan sehari-hari penuh dengan berbagai hal yang dapat mengganggu dan mengalihkan pikiran. Masalah tertentu bisa jadi begitu membekas sehingga kamu terus memikirkannya saat bekerja, beraktivitas, bahkan hingga beristirahat. Me time memiliki manfaat untuk menghilangkan pikiran tersebut. Ketenangan yang kamu dapatkan dari menghindari hiruk-pikuk kehidupan untuk sejenak juga berguna untuk meningkatkan konsentrasi dan produktivitas kerja di kemudian hari.

2. Memberikan kesempatan bagi kamu untuk memahami diri sendiri

Saat terlibat dalam suatu kelompok, sudut pandangmu akan dengan sendirinya mengikuti sudut pandang orang-orang di dalamnya. Tanpa sadar, inilah yang kamu alami setiap hari dari interaksi bersama teman, rekan kerja, atau orang lain. Dengan menyendiri sejenak, kamu dapat merenungkan banyak hal yang selama ini tidak terpikirkan. Kamu pun dapat mempertimbangkan lebih dalam mengenai berbagai keputusan yang akan kamu ambil di masa depan. Kamu juga dapat memahami diri sendiri dengan lebih baik melalui perenungan yang kamu lakukan saat menyendiri.

3. Menyegarkan tubuh dan pikiran

Rasa jenuh, informasi berlebih, dan konflik yang berasal dari kehidupan sehari-hari dapat membuat pikiranmu kusut. Dampaknya berpengaruh terhadap kemampuanmu dalam berpikir, mengambil keputusan, dan menyelesaikan masalah. Waktu untuk diri sendiri amat berguna untuk menyegarkan pikiran karena otakmu terbebas dari berbagai hal yang mengganggunya. Jika pikiranmu terasa segar, tubuh pun akan merasakan hal yang sama.

4. Memperbaiki hubungan dengan orang lain

Interaksi sosial dapat membuat kamu merasa jenuh terhadap orang lain. Akibatnya, masalah kecil yang ditimbulkan pasangan, anggota keluarga, atau teman bisa berubah menjadi konflik yang lebih besar. Salah satu manfaat me time adalah untuk menenangkan diri sendiri. Begitu kamu lebih tenang, kamu akan siap untuk berinteraksi kembali dengan orang lain. Kamu  pun lebih mampu meminta maaf atas perilaku negatif yang mungkin telah Anda lakukan sebelumnya.

Me time dapat kamu lakukan dengan menjalani hobi yang kamu gemari atau sekedar olahraga untuk menyegarkan pikiran dan membuat bugar tubuh. Saat masa pandemi seperti ini olahraga di rumah lebih baik untuk dilakukan karena intensitas bertemu orang lain menjadi lebih sedikit. Tapi bagi kamu yang tetap memiliki waktu luang untuk datang ke pusat kebugaran juga bisa tetap berolahraga dengan memperhatikan protokol kesehatan yang diterapkan. Olahraga di rumah akan lebih menyenangkan dengan memiliki panduan video latihan yang telah disusun oleh trainer profesioanal agar olahraga yang kamu lakukan mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu kamu bisa mengikuti program Hawa Gym Home Workout yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan nih. Kamu akan mendapat panduan video latihan, e-book pola makan, gratis konsultasi dengan dokter dan trainer profesional jika mengalami kendala selama latihan, hemat waktu dan bensin, diskon merchant dan masih banyak lagi. Untuk info lebih lanjut kamu bisa mengunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/ yaa