Senam Kegel merupakan cara terbaik untuk memperkuat otot panggul yang mendukung rahim, kandung kemih, usus halus, serta anus. Sayangnya, banyak orang tanpa disadari sering melakukan kesalahan senam Kegel. Berbagai kesalahan ini bisa terjadi karena gerakan yang kurang tepat sampai waktu senam yang begitu singkat atau bahkan terlalu lama. Ketahui beragam kesalahan senam Kegel yang paling umum dilakukan orang dengan simak informasi di bawah ini :

1. Menahan napas

Saat melakukan senam Kegel, usahakan dalam keadaan rileks dan tidak tegang. Kamu juga dianjurkan untuk memperbaiki cara bernapas saat senam. Jika tidak, kamu mungkin akan melatih otot yang salah. Menahan napas saat senam Kegel justru akan meningkatkan tekanan di dalam perut, bukan memperkuat otot panggul seperti yang kamu inginkan.

Secara sederhana, begini cara mudah mengatur napas saat senam Kegel. Tarik napas dalam-dalam dan lemaskan otot panggulmu. Selagi menghembuskan napas, bayangkan kamu sedang mengangkat sebuah kelereng imajiner dengan vaginamu, tarik ke atas dan masuk ke dalam tubuh. Untuk memastikan apakah gerakan yang kamu lakukan sudah benar, kamu bisa memeriksanya dengan cermin. Berbaring dan letakkan cermin di antara kedua kakimu. Gerakan Kegel yang benar adalah jika kamu melihat klitoris mu berkedut seperti tertarik ke bawah, serta anus terlihat mengecil dan mengencang.

2. Meremas otot terlalu kuat

Kesalahan terbesar lainnya yang dilakukan banyak orang terutama wanita saat melakukan senam Kegel adalah meremas otot terlalu keras. Padahal, otot panggul adalah otot yang kecil sehingga cukup memerlukan gerakan yang perlahan dan halus. Karena kamu terlalu keras dalam meremas otot, hal tersebut membuat otot jadi kencang. Akibatnya, otot kehilangan keseimbangan sehingga tidak terkendali atau justru jadi tidak bisa berkontraksi dengan baik. Untuk mengurangi risiko salah gerakan saat senam Kegel, kamu bisa minta bantuan seorang ahli atau bergabung dengan tempat latihan khusus senam Kegel yang menawarkan instruktur senam Kegel profesional dan bersertifikasi.

3. Tidak tahu di mana letak otot panggul bawah

Kebanyakan orang tidak menyadari di mana letak otot panggul berada sehingga mereka hanya berusaha mengencangkan apa pun yang mereka bisa saat melakukan senam Kegel, misalnya otot perut bagian bawah. Nah, cara cepat untuk mengetahuinya adalah saat kamu buang air kecil. Berpura-puralah untuk menahan aliran urinemu. Otot-otot yang kamu gunakan saat menahan urine inilah yang merupakan otot-otot yang dilatih saat senam Kegel. Meski begitu, jangan lakukan hal tersebut terlalu sering, karena tidak baik untuk kesehatan kandung kemihmu.

4. Mudah menyerah

Jika dilakukan secara teratur (beberapa kali dalam seminggu) dan dengan gerakan yang tepat pula, kamu bisa mendapatkan kekuatan otot dasar panggul, penurunan gejala inkontinensia urine, hingga kenikmatan dalam hubungan seksual yang lebih baik. Sayangnya untuk mencapai hasil yang inginkan tersebut tentu tidaklah mudah karena selalu ada proses yang harus kamu tempuh. Nah, itu sebabnya kamu harus bersabar setiap melakukan latihan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dan manfaat yang akan kamu dapatkan seumur hidup.

Selain melakukan senam kegel ingat juga untuk selalu rutin berolahraga. Kamu bisa memulai rutinitas olahraga untuk menjaga kebugaran dengan olahraga di rumah. Olahraga di rumah akan lebih menyenangkan dengan memiliki panduan video latihan yang telah disusun oleh trainer profesioanal agar olahraga yang kamu lakukan mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu kamu bisa mengikuti program Hawa Gym Home Workout yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan nih. Kamu akan mendapat panduan video latihan, e-book pola makan, gratis konsultasi dengan dokter dan trainer profesional jika mengalami kendala selama latihan, hemat waktu dan bensin, diskon merchant dan masih banyak lagi. Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/   yaa.