Sakit pinggang adalah bagian dari gejala nyeri saat haid alias dismenore (dysmenorrhea) yang paling sering dilaporkan oleh wanita usia subur. The American College of Obstetricians and Gynecologists menyebutkan, lebih dari setengah wanita yang menstruasi mengalami dismenore selama 1-2 hari setiap bulan.

Nyeri biasanya terjadi tepat sebelum menstruasi dimulai, ketika kadar prostaglandin meningkat di lapisan rahim. Kadarnya akan tinggi paling tinggi pada hari pertama haid. Peningkatan prostaglandin ini bertujuan untuk memicu rahim berkontraksi agar meluruhkan dindingnya. Semakin banyak prostaglandin yang diproduksi, efek nyeri haid akan semakin kuat. Kontraksi rahim juga tidak hanya menimbulkan efek kram pada perut, tapi juga rasa sakit yang menyebar hingga ke pinggang dan sekujur kaki.

Sakit pinggang adalah keluhan yang umum dengan banyak penyebab. Namun ketika sakit pinggang terjadi karena haid, biasanya akan disertai oleh gejala-gejala lain berupa: kram dan sakit tumpul di area perut bawah, sakit atau nyeri di area pinggang dan punggung belakang yang menyebar sampai ke kaki, mual, muntah, rasa lelah dan lemah, diare dan pingsan, jika nyerinya sangat hebat.

Terlepas dari apa pun penyebabnya, sakit pinggang yang muncul saat haid cukup mudah untuk diatasi dengan cara rumahan. Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba saat nyeri pinggang melanda:

1. Peregangan

Peregangan sederhana untuk sekadar berganti posisi dapat membantu meredakan kram perut dan sakit pinggang ketika haid. Coba duduk atau berdiri tegak kemudian putar badan bergantian ke kanan dan kiri. kamu juga bisa melakukannya sambil berbaring. Alternatifnya: masih dalam posisi berbaring, tarik kedua lututmu ke dada dan dekap erat selama beberapa saat.

2. Kompres atau mandi air hangat

Jika peregangan saja belum cukup ampuh, kamu bisa lanjutkan dengan mengompres pinggang dengan waslap hangat. Kompres hangat dapat memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah dan suplai oksigen lebih mudah mencapai daerah yang sakit. Hal ini akan membantu melemaskan otot yang tegang dan kaku akibat kontraksi berlebihan, sehingga mengurangi nyeri. Rendam waslap dalam baskom air hangat (40-50º Celsius) dan peras kelebihan airnya. Kemudian tempelkan di pinggang selama 10-15 menit.

3. Olahraga rutin

Merangkum berbagai sumber penelitian, olahraga teratur dapat mengurangi intensitas sakit pinggang ketika haid karena tubuh akan terus menghasilkan endorfin. Endorfin adalah senyawa kimia yang diproduksi otak untuk meringankan rasa sakit secara alami dari dalam. Olahraga teratur juga membantu melancarkan peredaran darah ke daerah yang terasa nyeri untuk mengurangi bengkak dan peradangan. Pada dasarnya semua jenis aktivitas fisik baik untuk kamu lakukan saat menstruasi.

Saat masa pandemi seperti ini olahraga di rumah lebih baik untuk dilakukan karena intensitas bertemu orang lain menjadi lebih sedikit. Tapi bagi kamu yang tetap memiliki waktu luang untuk datang ke pusat kebugaran juga bisa tetap berolahraga dengan memperhatikan protokol kesehatan yang diterapkan. Olahraga di rumah akan lebih menyenangkan dengan memiliki panduan video latihan yang telah disusun oleh trainer profesioanal agar olahraga yang kamu lakukan mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu kamu bisa mengikuti program Hawa Gym Home Workout yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan nih. Kamu akan mendapat panduan video latihan, e-book pola makan, gratis konsultasi dengan dokter dan trainer profesional jika mengalami kendala selama latihan, hemat waktu dan bensin, diskon merchant dan masih banyak lagi. Untuk info lebih lanjut kamu bisa mengunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/ yaa.

4. Konsumsi obat-obatan

Cara terakhir yang bisa kamu coba jika sakit pinggang ketika haid masih terus mengganggu adalah dengan minum obat pereda nyeri nonresep, seperti naproxen atau ibuprofen. Keduanya adalah obat antiradang yang membantu mengendurkan otot-otot sehingga meredakan nyeri. Gunakan dosis terendah untuk amannya. Namun, kamu sebaiknya tetap konsultasi dulu ke dokter sebelum menggunakan obat apa pun selama haid. Jika sakit pinggang ketika haid tidak tertahankan, sebaiknya kamu segera konsultasikan pada dokter.