Olahraga menjadi salah satu kegiatan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik maupun mental. Olahraga perlu dilakukan secara rutin agar manfaatnya bisa kamu rasakan dengan baik. Namun, apapun jenis olahraga yang kamu lakukan, sebaiknya pastikan kamu melakukan gerakan pendinginan usai berolahraga. Biasanya, pendinginan yang dilakukan usai berolahraga berguna untuk mencegah otot menjadi kaku dan tegang. Hal ini menjadi salah satu cara menurunkan risiko kram usai berolahraga. Gerakan pendinginan bisa kamu lakukan selama 10 menit setelah olahraga. Ada beberapa jenis gerakan yang bisa kamu lakukan, seperti:

  • Cat Cow

Mulailah dengan tangan dan lutut di atas matras. Pastikan tangan selebar bahu dan lutut selebar pinggul. Tarik napas secara perlahan dan angkat bagian tulang belakang ke atas. Jangan lupa untuk menarik perut ke atas secara perlahan. Kemudian, angkat kepala dan hadapkan ke depan dengan pandangan lurus. Turunkan tulang punggung, hembuskan nafas secara perlahan. Lakukan gerakan ini perlahan beberapa kali hingga tubuh menjadi lebih rileks.

  • Arm Stretching

Dengan gerakan berdiri atau duduk, kamu bisa mengangkat kedua tangan ke sisi tubuh dan gerakan tangan secara perlahan. Kamu juga bisa menggerakan jari-jari tangan agar menjadi lebih rileks.

  • Overhead Stretch

Gerakan pendinginan ini dilakukan untuk membuat otot punggung dan bagian belakang menjadi lebih rileks. Kamu bisa mulai dengan gerakan berdiri, kemudian salah satu bagian tangan ke belakang dan usahakan meraih bagian belakang bawah leher.  Gerakan tangan lain untuk mendorong ke bawah siku tangan yang ke belakang. Tahan beberapa detik hingga kamu merasa nyaman. Ulangi pada bagian tangan yang lainnya.

  • Standing Bicep Stretch

Gerakan ini dilakukan untuk membuat otot pada dada dan bahu menjadi lebih rileks. Caranya, mulailah dengan berdiri. Letakkan kedua tangan di belakang di depan pinggul. Genggam tangan dan tarik ke belakang secara perlahan.

Melakukan pendingian juga tak kalah penting lho setelah olahraga, baik itu melakukan olahraga di rumah atau olahraga di gym. Selain itu untuk kamu yang baru memulai aktifitas fisik seperti olahraga jangan langsung memulai ke latihan yang tingga atau berat. Kamu bisa memulai rutinitas berolahraga secara bertahap agar tubuhmu juga beradaptasi dengan latihan yang kamu jalani. Masih bingung gerakan apa saja yang dapat kamu lakukan, agar rutiniatas olahragamu bisa bertahap? Yuk ikutan program Hawa Gym Home Workout. Program ini memungkinkan kamu untuk berolahraga di rumah dengan gerakan yang telah dirancang oleh trainer profesional. Nah tentunya kamu akan mendapat video panduan agar olahraga maksimal, e-book pola makan, sesi konsultasi dengan trainer professional dan dokter pribadi secara gratis, e-book pola makan sehat, diskon merchant dan masih banyak lagi. Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang program ini bisa kunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/ .