Olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Demi mendapatkan hasil yang optimal, kamu dianjurkan untuk melakukan pemanasan dan pendinginan saat sebelum maupun setelah berolahraga. Namun ternyata, tak hanya itu saja. Ada banyak hal yang tak sadar kamu  lakukan yang membuat olahraga justru tidak efektif. Maka sebelum kamu berencana untuk olahraga, pastikan untuk tidak melakukan hal-hal berikut ini:

1. Berolahraga saat mengalami cedera

Saat sedang olahraga, terkadang kamu merasakan rasa nyeri ringan. Hal ini wajar terjadi saat olahraga. Namun bila nyeri yang kamu  alami terasa mengganggu bahkan menjurus seperti cedera, jangan diabaikan. Lebih baik hentikan sejenak olahragamu untuk melihat apa kemudian nyeri tersebut hilang. Jika rasa sakit terus berlanjut, kamu disarankan untuk menghentikan olahraga agar tidak terjadi cedera yang lebih buruk. Memaksakan diri tetap berolahraga saat cedera hanya membuat kondisi kesehatanmu memburuk.

2. Mengikuti ‘gaya’ olahraga orang lain

Ketika kamy sedang olahraga, terlebih di tempat ramai seperti taman, lapangan, atau tempat fitness. Kemungkinan besar kamu akan bertemu banyak orang dengan berbagai macam teknik olahraga yang dilakukan. Karena baru jarang berolahraga, mungkin kamu akan meniru gaya dan teknik olahraga orang lain di sekitar. Padahal justru hal ini dapat membuat olahragamu jadi tak maksimal. Pasalnya, teknik yang ditiru belum tentu tepat untuk kamu, sekalipun orang yang kamu tiru terlihat punya badan yang atletis. Melakukan pengamatan memang cara yang baik bagi kamu yang pemula, tapi tetap ingat bahwa cara yang berhasil pada orang lain belum tentu demikian pada tubuhmu. Sebaiknya, belajar atau bertanya pada orang yang berpengalaman di bidangnya, seperti personal trainer.

3. Terlalu asik dengan gadget

Bermain gadget adalah hal yang dilarang saat olahraga. Pasalnya kamu akan kehilangan banyak waktu ketika kamu terlalu fokus pada gadget. Sebaiknya simpan gadget dan jauhkan diri kamu dari keinginan untuk mengecekanya, jangan sampai kehilangan fokus pada olahraga yang sedang kamu lakukan.

4. Lupa minum air putih selama olahraga

Saat berolahraga tubuh akan kehilangan banyak cairan, maka kamu disarankan untuk mencegah dehidrasi dengan selalu konsumsi air putih setiap beberapa menit sekali. Terutama saat cuaca dalam keadaan panas. Tubuh yang kekurangan cairan dapat memicu munculnya penyakit-penyakit seperti pusing, kram perut, dan mual. Pastinya tujuan kamu olahraga yakni untuk menyehatkan tubuh, jangan sampai kekurangan cairan menghalangi kamu mendapatkan tubuh yang sehat