Saat bekerja seharian dengan duduk di dalam ruangan, kamu terbatas melakukan aktivitas fisik. Kondisi ini menyebabkan tubuhmu kurang gerak. Badan jadi kaku dan pinggang terasa nyeri. Duduk yang terlalu lama dengan posisi yang tidak nyaman dapat menambah tekanan pada tulang belakang dan cakram penyusun tulang belakang. Hal ini menyebabkan leher-bahu tegang dan nyeri punggung bawah. Untuk mengatasinya, cobalah rangkaian sederhana dari gerakan olahraga di kantor ini saat kamu mulai merasa pegal linu di sela –sela bekerja.

  • Peregangan kaki

Olahraga di kantor ini cukup sederhana.kamu hanya perlu duduk bersandar di kursi dan menggenggam pegangan kursi. Lalu, angkat dan luruskan salah satu sisi kaki. Pastikan kamu mengarahkan punggung kaki ke depan dan ke atas selama beberapa kali. Kemudian, tekuk lutut dan kembalikan kaki seperti posisi semula. kamu bisa mengulangi rangkaian gerakan ini sebanyak 5–10 kali pada setiap sisi kaki. Dengan peregangan ini, kaki yang terlalu lama diam jadi tidak terlalu kaku, cukup fleksibel, dan kuat, sehingga kamu tetap lebih mudah berjalan dalam waktu lama nantinya.

  • Peregangan leher

Pekerja kantoran sering mengalami leher tegang dan sakit karena duduk dalam waktu yang lama. Sama seperti olahraga peregangan pada umumnya, jenis latihan ini membuat leher lebih fleksibel sehingga kamu tidak lagi merasa nyeri dan kaku. Hal ini membuat postur memburuk akibat tubuh membungkuk dan leher condong ke depan. Posisi leher tersebut akan menekan sendi sehingga membuat beban otot leher bertambah. Untuk mengatasinya, mulailah dengan duduk tegap di kursimu Angkat tangan kanan ke atas kepala dan luruskan. Kemudian dengan tangan kanan tarik lembut kepala ke arah bahu sampai terasa ada sedikit peregangan pada otot leher. Tahan pose selama 10–15 detik.

  • Putar-putar bahu

Tarik napas dalam-dalam, lalu angkat bahu setinggi-tingginya hingga mencapai telinga.  Tahan posisi selama beberapa detik, lalu turunkan bahu perlahan-lahan. Kamu  bisa mengulangi gerakan hingga tiga kali. Setelah itu, kamu bisa menggoyangkan kepalamu perlahan, seperti menggeleng dan mengangguk. Aktif bergerak di kantor dengan pilihan olahraga ini bermanfaat untuk menyesuaikan postur yang biasanya tidak tepat saat kamu duduk.

  • Push up di meja

Topang berat badanmu dengan menempatkan kedua tangan lurus sejajar bahu sambil menggenggam pinggiran meja. Dorong kakimu ke belakang sehingga badanmu berada diagonal pada lantai. Jajakkan kaki semantap mungkin di lantai, tarik napas saat kamu menekuk siku ke sudut 90 derajat, memeluk siku ke arah tulang rusuk, layaknya push up. Buang napas dan dorong dadamu kembali ke atas di posisi awal. Ulangi 8 sampai 12 kali. Olahraga di kantor ini berguna untuk meningkatkan kekuatan bahu, lengan, dada, dan otot tubuh bagian tengah,

Peregangan badan atas

Saat bekerja, kamu rentan mengalami nyeri di sekitar tubuh bagian atas, seperti punggung dan lengan. Olahraga di kantor ini mampu meningkatkan kelenturan bagian tubuh tersebut sehingga mengurangi rasa nyeri. Pastikan kamu duduk tegap di kursi dengan menyandarkan punggung. Angkat kedua tangan ke atas kepala dan luruskan sejauh mungkin. Miringkan hanya tubuh bagian atas ke kiri dan dengan tangan kanan raih sisi tubuh kiri. Tahan posisi selama 10–30 detik.