Sebagian orang mengalami kenaikan berat badan ketika liburan. Jika kamu berlibur selama satu atau dua hari saja, mungkin timbunan lemak tersebut mudah untuk dihilangkan. Namun, bagaimana jika liburannya panjang? Tentunya kamu akan kesulitan menurunkan kembali berat badanmu. Hal terpenting dari mengontrol berat badan saat liburan adalah membatasi asupan kalori. Namun, bukan berarti kamu tidak boleh menikmati aneka jajanan khas tempatmu berlibur. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar berat badanmu tidak melonjak tajam sehingga kamu menjadi insecure atau mengalami post-holiday blues, meskipun melakukan wisata kuliner.

Berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mencegah kenaikan berat badan saat liburan:

1. Memerhatikan porsi

Salah satu prinsip yang dapat digunakan untuk mencegah kenaikan berat badan saat liburan adalah menjaga porsi makan. Kamu dapat mencoba berbagai sajian kuliner, namun porsinya jangan berlebihan. Porsi makan yang terlalu banyak membuat asupan kalorimu jadi berlebihan, dan akhirnya akan ditimbun sebagai lemak.

2. Memperbanyak asupan protein

Mengonsumsi lebih banyak protein dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Dibandingkan makanan manis dan berlemak, makanan berprotein juga cenderung memiliki kalori yang lebih rendah sehingga dapat menjaga berat badanmu agar tidak naik.

3. Mengunyah secara perlahan

Makan terlalu cepat bisa menambah lingkar pinggangmu. Saat makan terlalu cepat, jumlah makanan yang kamu konsumsi biasanya akan lebih banyak daripada yang kamu butuhkan. Hal ini disebabkan munculnya signal rasa kenyang membutuhkan waktu, sehingga ketika signal tersebut muncul, kamu sudah terlanjur makan terlalu banyak. Dengan makan perlahan-lahan, kamu bisa lebih mawas terhadap munculnya rasa kenyang. Selain itu, rasa enak dari makanan juga bisa dinikmati dengan lebih baik ketika kamu makan dengan perlahan.

4. Jangan menahan lapar

Saat sedang liburan, jangan berusaha menahan lapar. Kelaparan akan membuatmu ingin mengambil semua jenis makanan dan makan dalam jumlah berlebihan. Lebih baik, makanlah dengan sering, namun dalam porsi yang lebih kecil.

5. Cermat memilih camilan

Selain memerhatikan porsi dan jenis makanan, kamu juga harus selektif dalam memilih camilan. Jangan tinggalkan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, serta biji-bijian, walau kamu sedang berada jauh dari rumah. Daripada memilih makanan berlemak dan bergula tinggi, lebih baik pilih buah sebagai camilanmu. Selain sehat, kadar gulanya pun cenderung lebih rendah dan mengandung banyak serat yang tentunya baik untuk mengontrol berat badanmu.

6. Tetap berolahraga

Di samping menjaga makan, kamu juga perlu tetap berolahraga. Aktif bergerak adalah salah satu cara yang baik untuk mencegah berat badan naik saat liburan. Kamu bisa mencoba menjelajahi tempat yang menarik dengan berjalan kaki, atau berjalan santai sambil menikmati pemandangan di tempat wisata. Setelah liburan selesai, jangan lupa untuk kembali berolahraga agar kesehatan tetap dalam kondisi yang baik.  Kamu bisa memulai rutinitas olahraga untuk menjaga kebugaran dan massa otot dengan olahraga di rumah. Olahraga di rumah akan lebih menyenangkan dengan memiliki panduan video latihan yang telah disusun oleh trainer profesioanal agar olahraga yang kamu lakukan mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu kamu bisa mengikuti program Hawa Gym Home Workout yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan nih. Kamu akan mendapat panduan video latihan, e-book pola makan, gratis konsultasi dengan dokter dan trainer profesional jika mengalami kendala selama latihan, hemat waktu dan bensin, diskon merchant dan masih banyak lagi. Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/ yaa.