Memasuki usia pubertas, wanita akan mengalami menstruasi setiap bulannya. Namun, ketika kamu mengalami siklus menstruasi tidak teratur, hal ini kerap menimbulkan rasa khawatir. Siklus menstruasi tidak teratur terjadi ketika panjang siklus menstruasi yang kamu alami mengalami perubahan terus menerus. Biasanya, menstruasi bisa datang lebih awal atau terlambat. Kondisi ini memang bukan tanda adanya gangguan kesehatan dalam tubuh. Akan tetapi, untuk mengenali penyebabnya lebih dini, tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan di rumah sakit.Selain itu, ada berbagai pemicu yang menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur yang perlu diwaspadai. Mulai dari tingkat stres, penggunaan alat KB, hingga berbagai gangguan penyakit yang dialami. Untuk itu, simak lebih banyak ulasan mengenai penyebab siklus menstruasi yang tidak teratur berikut ini :

  • Tingkat Stres Meningkat

Kondisi kesehatan mental berkaitan langsung dengan siklus menstruasi. Tingkat stres yang tinggi nyatanya dapat membuat kamu mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur.  Hal ini terjadi karena tubuh yang stres membuat kadar hormon adrenalin dan kortisol meningkat. Peningkatan kedua hormon ini memengaruhi hormon seks yang berfungsi mengatur siklus menstruasi.

Untuk itu, jika kamu mengalami siklus menstruasi yang tidak normal, sebaiknya pastikan kamu tidak dalam kondisi stres. Atur kembali jadwal kegiatan sehari-hari dan lakukan berbagai kegiatan menyenangkan untuk membantu mengelola stres dengan baik.

  • Penggunaan KB Hormon

Penggunaan KB hormonal juga bisa menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur. Hal ini disebabkan KB hormonal bekerja dengan menekan ovulasi. Alhasil, siklus menstruasi tidak akan teratur. Sebaiknya tanyakan pada dokter kandungan mengenai gangguan siklus menstruasi yang kamu alami selama menggunakan KB hormonal. Pastikan juga kamu mengetahui dampak yang bisa terjadi akibat penggunaan KB yang dilakukan.

  • Mengidap Polip Rahim

Polip rahim atau fibroid adalah pertumbuhan sel jinak di lapisan rahim. Biasanya, polip rahim berukuran kecil dan berbentuk menyerupai biji apel. Meskipun polip rahim tidak akan menyebabkan penyakit kanker, tetapi dapat menyebabkan perdarahan dan nyeri yang mengganggu selama menjalani menstruasi. Bahkan jika polip membesar, kondisi ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan tekanan pada kandung kemih serta rektum.

  • Mengidap PCOS

Polycystic ovary syndrome (PCOS) menjadi salah satu pemicu siklus menstruasi yang tidak teratur. Hal ini dapat terjadi ketika kista muncul di ovarium.

  • Mengalami Endometriosis

Endometriosis terjadi karena jaringan yang melapisi rahim tumbuh di luar rahim. Selain menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur, kondisi ini dapat menyebabkan rasa nyeri yang cukup parah saat menstruasi berlangsung.

6. Olahraga Berlebihan

Olahraga memang dianjurkan untuk meningkatkan stamina tubuh, tetapi saat hal ini dilakukan berlebihan dapat memicu berbagai dampak, seperti siklus menstruasi yang tidak teratur. Jaid supaya kamu tidak melakukan olahraga secara berlebihan, yuk jadwalkan rutinatas olahragamu, agar mendapat hasil maksimal dan tidak menyebakan siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Kamu bisa memulai rutinitas olahraga untuk menjaga kebugaran dan massa otot dengan olahraga di rumah. Olahraga di rumah akan lebih menyenangkan dengan memiliki panduan video latihan yang telah disusun oleh trainer profesioanal agar olahraga yang kamu lakukan mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu kamu bisa mengikuti program Hawa Gym Home Workout yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan nih. Kamu akan mendapat panduan video latihan, e-book pola makan, gratis konsultasi dengan dokter dan trainer profesional jika mengalami kendala selama latihan, hemat waktu dan bensin, diskon merchant dan masih banyak lagi. Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/ yaa.