Mengonsumsi pil KB sebenarnya memang bisa membuat sedikit peningkatan berat badan pada sebagian wanita. Hal ini karena hormon buatan yang ada di dalamnya dapat meningkatkan nafsu makan serta menyebabkan penumpukan cairan di dalam tubuh yang bisa membuat badanmu terasa lebih bengkak. Pil KB merupakan salah satu pilihan alat kontrasepsi yang digunakan untuk mencegah kehamilan. Di dalam pil KB terkandung kombinasi hormon buatan, yaitu progesteron dan estrogen. Namun, ada juga pil KB tertentu yang hanya berisi hormon progesteron saja

Akan tetapi, peningkatan berat badan ini biasanya tidak terlalu banyak dan hanya bersifat sementara, kok. Hingga saat ini pun belum ada penelitian yang dapat menyimpulkan secara pasti apakah peningkatan berat badan memang berkaitan langsung dengan penggunaan pil KB. Perlu kamu ketahui, bertambahnya berat badan bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti faktor genetik, pola hidup yang tidak sehat, pertambahan usia, atau penyakit tertentu.

Nah, jika Sahabat Hawa ingin atau sedang mengonsumsi pil KB, yuk terapkan tips mencegah kenaikan berat badan berikut ini:

1. Terapkan pola makan yang baik

Kunci utama untuk menjaga berat badan tetap ideal meskipun sedang minum pil KB adalah menerapkan pola makan sehat. Batasi asupan karbohidrat olahan, seperti pasta, mi, dan roti putih, yang bisa membuat nafsu makan kamu tidak terkendali dan kamu pun cepat lapar lagi setelah makan.

Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan, sayuran, gandum utuh, dan kacang-kacangan. Perbanyak juga konsumsi protein, seperti ikan, tahu, tempe, dan produk susu rendah lemak, untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Selain itu, jangan sampai lewatkan waktu sarapan dan selalu kontrol porsi makan kamu, ya.

2. Perbanyak minum air putih

Perbanyak minum air putih merupakan cara yang mudah dan efektif untuk menjaga berat badanmu tetap ideal saat mengonsumsi pil KB. Air putih akan membuatmu merasa kenyang, sehingga keinginan untuk makan atau ngemil bisa dikurangi.

Selain itu, mencukupi kebutuhan air putih justru bisa mengurangi penumpukan cairan di dalam tubuhmu, lho. Jadi, jika kamu merasa lebih bengkak setelah minum pil KB, mengurangi minum adalah kesalahan yang besar. Kamu disarankan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter.

3. Rutin berolahraga

Kamu bisa melakukan olahraga jenis apa pun yang kamu sukai untuk mencegah kenaikan berat badan saat minum pil KB. Kamu bisa memulai rutinitas olahraga untuk menjaga kebugaran dan massa otot dengan olahraga di rumah. Olahraga di rumah akan lebih menyenangkan dengan memiliki panduan video latihan yang telah disusun oleh trainer profesioanal agar olahraga yang kamu lakukan mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu kamu bisa mengikuti program Hawa Gym Home Workout yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan nih. Kamu akan mendapat panduan video latihan, e-book pola makan, gratis konsultasi dengan dokter dan trainer profesional jika mengalami kendala selama latihan, hemat waktu dan bensin, diskon merchant dan masih banyak lagi. Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/ yaa. Lakukanlah olahraga secara rutin minimal 30 menit sehari, ya. Selain mempertahankan berat badan ideal, rutin berolahraga juga akan mencegahmu terkena berbagai macam penyakit dan membuat mood-mu lebih baik.

4. Cukupi waktu istirahat

Kurang tidur dapat menganggu metabolisme tubuh dan meningkatkan kadar hormon ghrelin. Hal tersebut bisa membuat nafsu makanmu meningkat sehingga memicu kenaikan berat badan. Dengan mencukupi waktu tidur setidaknya selama 7–9 jam sehari, kamu akan lebih mudah mengendalikan nafsu makan dan berat badanmu akan terjaga.

5. Ganti jenis pil KB

Jika sudah menerapkan pola hidup sehat tetapi masih ada peningkatan berat badan saat minum pil KB, kamu bisa menganti jenis pil KB dengan dosis atau kombinasi hormon yang berbeda. Temui dokter untuk memilih pil KB yang cocok denganmu, ya.

Nah, itulah cara mencegah kenaikan berat badan saat kamu sedang mengonsumsi pil KB. Pastikan kamu melakukannya dengan konsisten, ya. Selain mencegah kegemukan, cara tersebut juga dapat menyehatkan tubuhmu secara keseluruhan.