Mual setelah olahraga biasanya dialami oleh seseorang yang melakukan olahraga intensitas tinggi dan kardio, seperti lari yang terlalu jauh dan terlalu cepat. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja, baik pemula, orang yang sudah terbiasa melakukan olahraga, atau bahkan atlet sekalipun.

Penyebab Mual Setelah Olahraga

Mual setelah olahraga dapat disebabkan oleh gangguan pada saluran pencernaan. Salah satunya akibat penurunan aliran darah ke organ pencernaan. Ketika berolahraga, darah lebih banyak masuk ke otot tubuh daripada ke sistem pencernaan. Berkurangnya aliran darah ini akan membuat perut terasa tidak nyaman, sehingga menimbulkan mual. Selain penurunan aliran darah, mual setelah berolahraga juga bisa dipicu oleh berbagai faktor berikut ini:

  • Terlalu banyak minum dan makan sebelum olahraga
  • Mengonsumsi minuman hipotonik
  • Mengonsumsi makanan kaya lemak atau protein sebelum olahraga
  • Memiliki riwayat konsumsi obat antibiotik dan suplemen tertentu
  • Mengalami dehidrasi
  • Cuaca yang terlalu panas
  • Puasa yang berkepanjangan
  • Mengalami kecemasan

Cara Mencegah Mual setelah Olahraga

Supaya kamu nggak mual saat atau setelah berolahraga, gaya hidup dan kebiasaan sebelum olahraga harus diperbaiki dengan cara berikut ini:

1. Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Setidaknya 2 jam sebelum olahraga kamu dianjurkan tidak mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi dan lemak jenuh, seperti gorengan atau fast food. Sebagai gantinya, konsumsilah makanan yang mengandung protein dan karbohidrat kompleks, seperti roti gandum dengan selai kacang, pisang, atau yoghurt.

2. Minum air putih secukupnya

Memang sih kita dianjurkan minum air putih supaya nggak dehidrasi. Namun, kalau mau olahraga, jangan sengaja minum air putih terlalu banyak, ya. Minum secukupnya saja dan kamu bisa minum lagi disela-sela olahraga, yaitu setiap 10–20 menit sekali.

3. Lakukan pemanasan dan pendinginan

Sama halnya dengan otot dan sendi, organ tubuh juga mudah “kaget” jika mengalami suatu gerakan yang terjadi secara tiba-tiba. Hal inilah yang kemudian dapat memicu mual. Jadi, penting untuk selalu melakukan pemanasan dan pendinginan, sebelum dan setelah olahraga.

4. Hindari olahraga berlebihan

Olahraga memang baik untuk kesehatan tubuh. Tetapi, jika dilakukan secara berlebihan, olahraga justru bisa menyebabkanmu mual serta meningkatkan risiko terjadinya cedera. Jika belum terbiasa berolahraga, lakukan dulu secara perlahan dan dalam waktu singkat, kemudian tingkatkan waktu dan intensitas gerakannya setelah tubuh sudah terbiasa. Kamu bisa memulai rutinitas olahraga untuk menjaga kebugaran dan massa otot dengan olahraga di rumah. Olahraga di rumah akan lebih menyenangkan dengan memiliki panduan video latihan yang telah disusun oleh trainer profesioanal agar olahraga yang kamu lakukan mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu kamu bisa mengikuti program Hawa Gym Home Workout yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan nih. Kamu akan mendapat panduan video latihan, e-book pola makan, gratis konsultasi dengan dokter dan trainer profesional jika mengalami kendala selama latihan, hemat waktu dan bensin, diskon merchant dan masih banyak lagi. Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/  yaa.

5. Hindari olahraga di luar ruangan saat cuaca panas

Olahraga di luar ruangan dengan cuaca yang panas dapat membuat kamu lebih cepat dehidrasi dan meningkatkan risino terjadinya penurunan tekanan darah darah. Hal ini dapat memicu rasa mual, kram otot, dan kelelahan. Jadi, sebisa mungkin olahraga di luar ruangan saat cuaca sejuk saja, ya.