Vitamin D memiliki beragam manfaat penting bagi kesehatan wanita, mulai dari meningkatkan kesuburan hingga menjaga kehamilan tetap sehat. Wanita yang mencukupi kebutuhan vitamin D setiap harinya diketahui dapat terhindar dari masalah di organ reproduksi, bahkan gangguan kesehatan secara umum.

Beragam Manfaat Vitamin D untuk Wanita

Ada beragam manfaat yang dapat diperoleh bila seorang wanita selalu mencukupi asupan vitamin D, yaitu:

1. Mencegah osteoporosis

Wanita yang telah memasuki masa menopause cenderung lebih rentan mengalami osteoporosis. Ini karena berkurangnya kadar hormon estrogen yang memainkan peran penting dalam menjaga kepadatan tulang. Nah, asupan vitamin D yang cukup bisa mengurangi risiko terjadinya osteoporosis pada wanita yang sudah menopause. Hal ini diduga berkat peran vitamin D yang dapat membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang, sehingga tulang tidak mudah keropos dan patah.

2. Mencegah penyakit kanker

Vitamin D juga dianggap efektif untuk mencegah berbagai jenis kanker, salah satunya kanker payudara yang banyak menyerang wanita. Manfaat tersebut diduga berasal dari kemampuannya untuk mengendalikan dan menghentikan pertumbuhan sel kanker.

3. Meningkatkan kesuburan

Vitamin D berperan pula untuk meningkatkan kesuburan. Menurut sebuah penelitian, kadar vitamin D yang rendah pada wanita diduga berhubungan dengan risiko terjadinya gangguan ovulasi atau endometriosis, yang menjadi salah satu faktor penyebab sulit hamil. Selain itu, mencukupi vitamin D juga diketahui dapat meningkatkan peluang keberhasilan program bayi tabung. Meski begitu, masih perlu diteliti lebih lanjut terkait efektivitas dan dosis vitamin D yang tepat untuk wanita yang menjalani program hamil.

4. Menjaga kehamilan tetap sehat

Bagi wanita hamil, vitamin D memiliki peranan penting dalam mempertahankan kadar kalsium dan fosfor dalam tubuh. Kedua mineral ini dapat mendukung pembentukan tulang dan gigi bayi. Kekurangan vitamin D selama masa kehamilan bisa meningkatkan risiko terjadinya pertumbuhan tulang tidak normal atau rakitis pada bayi baru lahir. Mencukupi kebutuhan vitamin D bagi wanita hamil juga dapat mengurangi risiko terjadinya komplikasi kehamilan, misalnya diabetes gestasional dan preeklamsia.

5. Menjaga suasana hati tetap stabil

Wanita yang sudah menopause cenderung lebih sering mengalami perubahan suasana hati. Meski alasannya perlu diteliti lebih lanjut, mencukupi vitamin D dianggap efektif untuk mengatasi perubahan mood dan mencegah depresi.

6. Menurunkan berat badan

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa wanita maupun pria dengan obesitas yang mencukupi asupan vitamin D setiap harinya, dapat mengalami penurunan berat badan secara signifikan. Namun, dalam penelitian tersebut, asupan vitamin D juga disertai dengan program diet ketat yang meliputi pola makan sehat dan olahraga secara rutin. Mau diet sehat, tapi bingung bagaimana cara memulainya? Yuk ikutan program Hawa Gym Home Workout. Program ini memungkinkan kamu untuk berolahraga di rumah dengan gerakan yang telah dirancang oleh trainer profesional. Nah tentunya kamu akan mendapat video panduan agar olahraga maksimal, e-book pola makan, sesi konsultasi dengan trainer professional dan dokter pribadi secara gratis, e-book pola makan sehat, diskon merchant dan masih banyak lagi. Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang program ini bisa kunjungi website: https://homeworkout.hawagym.com/. Selain beragam manfaat di atas, vitamin D bagi wanita juga memiliki manfaat lain, yaitu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terinfeksi kuman, mengurangi risiko terkena sindrom iritasi usus, bahkan mencegah kambuhnya asma.

Untuk mendapatkan beragam manfaat vitamin D untuk wanita seperti di atas, kamu  perlu mencukupi kebutuhan vitamin ini setiap harinya. Secara umum, wanita dewasa membutuhkan vitamin D sebesar 600 IU atau 15 mcg setiap harinya.